Bahas Persiapan Pemilu 2024, Polresta Denpasar Gelar Rakor

Rapat koordinasi Polresta Denpasar bersama penyelenggara pemilu. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Polresta Denpasar bersama Forkopimda dan penyelenggara pemilu Kota Denpasar dan Kabupaten Badung menggelar rapat koordinasi untuk membahas pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“Banyak hal yang harus kita siapkan sehingga perlu dilakukan rapat koordinasi ini,” kata Kasat Intelkam Polresta Denpasar Kompol Agung Budiarto, Selasa (28/9/2021) di Denpasar.

Menurutnya, rapat koordinasi ini dalam rangka penanggulangan konflik sosial yang berbasis perebutan pengaruh politik menjelang Pemilu Serentak tahun 2024.

Ketua KPU Denpasar Wayan Arsa Jaya dalam kesempatan tersebut menerangkan, tahun 2019 adalah tahun di mana pemilu yang memakan banyak korban akibat kelehan bagi penyelenggara.

Untuk itu, perlu dipersiapkan sejak dini tentang rekrutmen penyelenggara pemilu yang harus lebih sehat kedepannya.

“Saat ini di massa pandemi beberapa tahapan menjadi kendala, namun sampai saat ini bisa kami jalani dan sekarang sudah masuk pemutahiran data sesuai dengan PKPU,” jelasnya.

Ditambahkan, KPU sekarang ini mengajukan perbaikan tahapan tentang Pemilu 2024 maupun terkait dengan anggaran.

“Tahun 2022 akan mulai sebuah tahapan yang dimulai dengan verifikasi partai politik peserta pemilu, dan mungkin itu yang saat ini bisa saya sampaikan terimakasih,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Badung I Ketut Alit Astasoma yang juga hadir mengatakan, dari sudut penyelenggara, pihaknya sudah membangun sinergi dari sejak awal untuk mencegah terjadinya sebuah pelanggaran.

“Kami selaku penyelenggara bekerja secara profesional untuk mencetak calon pemimpin dari hasil pemilu serentak,” terangnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Kota Denpasar AA Arisudana menyatakan, pihaknya bersinergi dengan KPU, Polri dan TNI untuk persiapan pemilu serentak yang akan berlangsung pada tahun 2024.

Terkait penanganan konflik seperti yang disampaikan oleh KPU dan Bawaslu, ada hal yang terlewatkan yaitu pada bulan Oktober 2022, di Denpasar akan menyelenggarakan Pilkades serentak di 4 Desa.

BACA JUGA:  Akibat Wabah Corona Puluhan Art Shop di Kuta Tutup karena Sepi Pembeli

“Kami melihat peta dan kekuatan politik dari hasil pelaksanaan Pilkades ini, karena pemenang dalam Pilkades akan berbanding lurus dengan kemenangan parpol saat pemilu berikutnya,” pungkasnya. (agw)