Uang Rp35 Juta Amblas, Pria Ini Tertipu Modus Tawaran Mobil Murah di Medsos

Pelaku penipuan saat diamankan di Mapolsek Kuta. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Pria paruh baya bernama Novarman AR (60) menjadi korban penipuan. Akibatnya, korban yang diketahui berasal dari Kota Tangerang, Banten ini menderita kerugian Rp35 juta.

“Pelakunya bernama Zulkipli berusia 34 tahun, yang bersangkutan sudah kami amankan,” kata Kapolsek Kuta Kompol Orpa SM Takalapeta melalui Kanitreskrim AKP Made Yudistira, Senin (27/9/2021) di Badung.

Peristiwa bermula ketika korban tertarik dengan mobil yang ditawarkan pelaku dengan harga relatif murah melalui media sosial (medsos) Facebook. Setelah itu, korban menghubungi pelaku untuk melihat kondisi mobil yang ditawarkan.

Usai berkomunkasi, pelaku datang ke Hotel Grand Zuri, Jalan Raya Kuta, Kabupaten Badung tempat korban menginap, Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 10.00 Wita.

Di sana pelaku kemudian menunjukkan foto-foto mobil BMW yang dijual. Setelah sepakat harga, pelaku pergi dan esok harinya kembali menemui korban untuk meminta uang muka.

Hari itu juga, korban mentransfer uang Rp5 juta ke rekening pelaku. Belum juga mobil dikirim, keesokan harinya pelaku kembali menemui korban di hotel untuk meminta uang. Korban pun kembali mentransfer uang Rp30 juta.

Agar korban tak curiga, pelaku menyerahkan 1 unit mobil Kia Rio warna putih untuk dipakai korban sebagai jaminan sambil menunggu mobil yang dibeli korban dibawakan ke hotel.

“Saat itu pelaku mengatakan akan mengantar mobil pada tanggal 27 Mei 2021 pagi,” jelas Kanitreskrim.

Lantaran pelaku belum juga datang, korban akhirnya keluar hotel untuk makan siang dengan menggunakan mobil Kia yang diberi pelaku.

Namun ketika tiba di basement hotel, korban terkejut karena mobil tidak ada di sana. Korban kemudian meminta pihak hotel untuk membuka rekaman CCTV dan terlihat dua  orang mengendarai sepeda motor masuk ke basement hotel dan mengambil mobil tersebut.

BACA JUGA:  Kapolresta Denpasar Perintahkan Anggotanya Tindak Tegas Pinjol Ilegal

Korban curiga pelakulah yang mengambil mobil yang diparkir di basement hotel. Namun lantaran harus pulang ke Tangerang, korban baru melaporkan peristiwa yang dialaminya ke kantor polisi, Rabu (22/9/2021) pagi.

Polisi yang melakukan penyelidikan akhirnya mengetahui tempat tinggal pelaku. Kurang dari 24 jam, pelaku ditangkap di rumahnya di daerah Pemogan, Denpasar Selatan.

Kepada polisi, pelaku mengakui menawarkan 1 unit mobil BMW kepada korban, namun mobil tersebut bukanlah miliknya.

“Selain itu, pelaku juga mengaku dialah yang mengambil mobil Kia Rio yang diparkir di basement hotel tanpa sepengetahuan korban,” terang Kanitreskrim. (agw)