Petugas Geledah Rudenim Denpasar yang Dihuni Puluhan WNA Bermasalah

Petugas Rudenim Denpasar memeriksa kamar yang ditempati WNA bermasalah. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar yang saat ini ditempati puluhan warga negara asing (WNA) bermasalah, digeledah petugas seksi keamanan dan ketertiban beserta regu jaga Rudenim Denpasar guna memastikan keamanan di tempat tersebut.

“Sidak ini sangat penting untuk memastikan keamanan dan ketertiban di setiap blok agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Jumat (24/9/2022) di Denpasar.

Dijelaskan, sidak dengan menggeledah seluruh blok dilakukan untuk memastikan keamanan para warga asing yang ditahan di setiap bloknya.

Dari sidak yang dilakukan pada 16 blok tersebut, petugas tidak menemukan barang terlarang atau berbahaya yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan.

“Hanya ditemukan beberapa barang seperti kayu, stop kontak yang rusak, garpu plastik, dan alat cukur,” jelasnya.

Jamaruli menerangkan, per tanggal 22 September 2021, jumlah warga negara asing yang ditempatkan di Rudenim Denpasar sebanyak 21 orang.

Mereka berasal dari Mesir, Venezuela, Rusia, Libya, Australia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Italia, Selandia Baru, India, Nigeria, Tanzania, Prancis, Pantai Gading, Belanda dan Turki.

“Mereka semua saat ini tengah menunggu proses pemulangan atau pendeportasian ke negara asalnya masing-masing,” demikian Jamaruli. (agw)

BACA JUGA:  Tak Mau Kecolongan, Ratusan Polisi Kawal Aksi Demo Mahasiswa di Kantor DPRD Bali