Masuki Peralihan Musim, BMKG Sebut Sebagian Wilayah Bali Diguyur Hujan

Wilayah Denpasar saat diguyur hujan beberapa waktu lalu. (FOTO : Agung W/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memperkirakan hujan ringan hingga sedang terjadi di beberapa wilayah Bali seperti Bali barat, tengah, timur dan utara.

“Kondisi tersebut diperkirakan terjadi pada tanggal 24 sampai tanggal 26 September,” ucap Kepala Balai BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Raharjo, Jumat (24/9/2021) di Denpasar.

Agus Wahyu mengatakan, Wilayah Bali sedang dalam periode peralihan musim. MJO Kuadran 3 (Maritim Continent) berkontribusi terhadap proses pembentukan hujan di wilayah Indonesia.

“Suhu muka laut di sekitar wilayah Bali berkisar antara 26 – 30°C. Suhu muka laut yang hangat dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air) di wilayah Bali,” jelasnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem.

Di antaranya banjir, keselamatan udara, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat/petir.

“Masyarakat agar selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini pada cuaca/iklim ekstrem,” kata Agus Wahyu. (agw)

BACA JUGA:  Pasien Sembuh Covid-19 di Denpasar Melonjak 23 Orang, Positif 16, Meninggal 1