Disdik Gianyar Selenggarakan Bimtek Pengelolaan Belajar Berkualitas PAUD

Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Belajar Berkualitas Paud Tahun 2021.(foto: ist)

Beritabalionline.com –  Guna mendukung Gerakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas di Kabupaten Gianyar, Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Belajar Berkualitas Paud Tahun 2021.

Kegiatan Bimtek dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya, didampingi Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Sunata, bertempat di Hotel Gianyar, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas PAUD dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 23 sampai 24 September 2021, diikuti 20 peserta Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD di Kabupaten Gianyar, serta narasumber dari BPPAUD dan lokal Kabupaten Gianyar.

Adapun dana bimtek bersumber dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketua Panitia Pelaksana Bimtek I Made Sunata mengatakan, gerakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas menjadi fokus guna mendukung lahirnya generasi emas bangsa. Pendidikan dan pengasuhan anak usia dini yang berkualitas menjadi investasi penting bagi setiap bangsa, agar di masa depan lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD berkualitas.

Secara umum, kualitas lingkungan belajar dapat dibagi menjadi dua yaitu kualitas struktural (terkait dengan ketersediaan sarana prasarana dan pengaturan lingkungan belajar), serta kualitas proses pembelajaran, ucapnya.
Faktor kunci yang menunjang hadirnya lingkungan belajar berkualitas, di antaranya kualitas lingkungan dan alat pembelajaran, interaksi guru dan anak, pembelajaran yang berpusat pada anak, keterlibatan keluarga dan masyarakat, kondisi lingkungan yang inklusif, pendekatan bermain dalam belajar, kualitas guru dan tenaga kependidikan.

Akan tetapi, kata Made Sunata, saat ini belum semua satuan PAUD memiliki lingkungan belajar yang berkualitas, kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran anak serta masih terdapat banyak praktik pembelajaran yang belum sesuai dengan tahap perkembangan dapat menjadi hambatan terwujudnya kualitas lingkungan belajar yang baik.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Made Suradnya mengatakan, masa anak belajar di tingkat PAUD merupakan masa di mana anak-anak bermain dan menumbuhkan karakter anak serta pengenalan terhadap lingkungan.

BACA JUGA:  GMKI Denpasar Kecam Aksi Bom Bunuh Diri di Makassar, Aparat Diminta Tingkatkan Keamanan

 

“Masa PAUD adalah masa bermain dan menumbuhkan karakter bagi anak,” ujar Made Suradnya.
Made Suradnya menambahkan, lingkungan belajar berkualitas tidak terlepas dari sarana prasarana yang tersedia guna mendukung proses belajar yang dilakukan di tingkat PAUD, serta didukung dengan suasana interaksi antara guru dengan anak, orang tua serta lingkungan sekitar yang nyaman.

 

“Bagaimana kedekatan emosi antara pengajar atau pendidik dengan anak dan orang tua siswa karena ini menimbulkan kenyamanan bagi anak tersebut,” ujar Made Suradnya.
Made Suradnya menyebutkan, dari 20 orang peserta yang mengikuti Bimtek, diharapkan bisa meneruskan kepada guru-guru PAUD di masing-masing kecamatan. “Dari 20 peserta ini kami harapkan dapat meneruskan ke kecamatan masing-masing,” katanya, menandaskan.

Dia mengingatkan guru-guru untuk menjalankan prokes sebelum maupun sedang melaksanakan pembelajaran di sekolah, di mana Kabupaten Gianyar sudah mulai membuka PTM. “Ini merupakan permohonan orang tua siswa kepada Bapak Bupati, ini betul-betul mengambil resiko yang luar biasa. Maka dari itu jangan pernah teledor, jangan pernah menganggap sepele Covid-19,” kata Made Suradnya.(yaw)