Terkait Pemberlakuan Ganjil Genap di Objek Wisata, Polda Bali Bentuk Satgas Covid-19

Apel pembentukan Satgas Covid-19 Satuan Pengamanan (Satpam) seluruh Bali di Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Senin (20/9/2021). (FOTO istimewa)

Beritabalionline.com – Rencana pemberlakuan Ganjil-genap di objek wisata, Polda Bali membentuk Satgas Covid-19 dari Satuan Pengamanan (Satpam) seluruh Bali. Pembentukan Satgas  itu ditandai dengan apel yang dipimpin Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra di Pantai Kuta, Badung, Senin (20/9/2021).

“Satpam yang tergabung dalam Pam Swakarsa binaan Polri ditugaskan untuk membantu dalam melaksanakan pengamanan dan memonitor penanganan Covid-19. Nantinya tugas pengamanan oleh Satpam ini tidak hanya di kawasan wisata saja,” kata Kapolda Bali, Irjenpol Putu Jayan Danu Putra.

Lebih lanjut dikatakannya, peran Satpam dilibatkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di semua aktivitas umum sangat diperlukan. Sehingga juga akan dilakukan di tempat kerjanya masing-masing.

“Baik di wilayah perkantoran, mall, tempat-tempat umum lainnya ataupun tempat wisata yang menyediakan jasa Satpam,” ujarnya.

Satpam akan dikoordinir dengan baik sebelum pelaksanaan tugas mengenai pengetahuan penanganan Covid-19, selaras dengan penerapan aplikasi PeduliLindungi oleh pemerintah.

“Merekalah yang akan mengawasi scan aplikasi itu. Apabila petugas Satpam menemukan hasil scan menunjukkan warna hitam di aplikasi Pedulilindungi dari salah satu pengguna, Satpam bisa langsung berkoordinasi dengan petugas Satgas,” ucapnya.

Tidak hanya itu, anggota Polri juga akan dilibatkan dalam penanganan ini. Namun sebelum terealisasikan, untuk sementara Satpam ditugaskan. Selain itu, Satpam yang bekerja di objek wisata diwajibkan memperketat pengawasan terhadap orang asing, dibarengi koordinasi dengan Desa Adat, pecalang dan pihak lain yang bersangkutan.

“Jadi tidak hanya Satpam, mungkin juga ke depan rekan-rekan dari Polri. Tadi juga sudah saya sampaikan harus berkoordinasi dengan desa adat, pecalang-pecalang yang akan berkoordinasi dengan yang bersangkutan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Jukung Terbalik, Nelayan Asal Karangasem Hilang di Perairan Bunutan

Pihaknya berharap dengan pembentukan Satgas ini, penanggulangan Covid-19 di Provinsi Bali bisa lebih optimal. (*/itn)