5 Tahun di Bali, Pengungsi Suriah Minta Dipulangkan ke Negaranya

WN Suriah yang minta pulang secara sukarela ke negaranya. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Seorang pria warga negara (WN) Suriah bernama Louay Shoukair dipulangkan oleh petugas Imigrasi ke negara asalnya. Sebelumnya ia telah berada di Bali selama 5 tahun.

“Yang bersangkutan merupakan pengungsi mandiri dan telah 5 tahun berada  di wilayah Indonesia tanpa kejelasan penempatan ke negara ketiga,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Kamis (16/9/2021) di Denpasar.

Dijelaskan, sebelumnya warga asing ini datang ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar untuk melapor pada bulan Juni 2021. Di sana ia ingin pulang secara sukarela ke Suriah.

Keputusan tersebut terpaksa dia ambil dikarenakan dirinya sempat mengalami kecelakaan di Bali.

Akibatnya, ia mengalami dislokasi tulang leher, bahu dan tangan kanannya sehingga ingin segera ke Suriah melalui Libanon untuk memperoleh perawatan kesehatan lebih intensif melalui dukungan keluarganya di Suriah dan Libanon.

Jamaruli menerangkan, warga asing ini kemudian dibawa ke Jakarta oleh petugas Rudenim Denpasar dengan pesawat Batik Air nomor penerbangan
ID6051, Kamis (16/9/2021) sekitar pukul 11.40 Wita.

Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, ia lantas diberangkatkan dengan menggunakan maskapai Qatar Airways bernomor penerbangan QR957 pukul 22.15 WIB rute Jakarta-Doha dan QR416 dengan rute Doha-Beirut. (agw)

BACA JUGA:  Aktifkan Kembali Satgas Gotong Royong, Gubernur Koster Suntik Desa Adat Rp 74,65 M