Gagal Bobol Mesin ATM, Pelaku Berpura-pura Gila

Pelaku pembobol mesin ATM saat diamankan di Mapolda Bali. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Pria bernama Fransiskus Donatus Besin (22) dibekuk polisi lantaran berupaya membobol mesin ATM Bank BPD Bali kantor kas Canggu di Jalan Raya Canggu, Banjar Aseman Kawan, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung.

“Pelaku gagal menjalankan aksinya untuk membobol mesin ATM,” ucap Direktur Ditreskrimum Polda Bali Kombes Pol. Ary Satriyan, Jumat (10/9/2021) di Mapolda Bali.

Dirkrimum menerangkan, pelaku beraksi dengan membuka paksa rolling door yang digembok, Selasa (31/8/2021) sekitar pukul 05.00 Wita.

Setelah itu ia memecahkan pintu kaca agar bisa masuk ke ATM. Namun upayanya untuk hendak membongkar mesin ATM gagal.

Bersamaan peristiwa itu, datang salah satu karyawan setempat. Pelaku lalu berpura-pura gila dengan mengambil stampel lalu menstempel seluruh wajahnya. Setelah itu ia menuju tempat memarkir motornya dan langsung kabur.

Sadar bahwa pelaku bukan orang gila, karyawan tersebut kemudian menghubungi kantornya dan kemudian melapor ke kantor polisi.

Tim Resmob Polda Bali yang melakukan penyelidikan menerima informasi jika pelaku tinggal di sebuah rumah kos di seputaran Kuta, Badung.

Namun saat dicari, penghuni kos mengatakan jika pelaku telah berangkat pulang ke kampungnya di daerah Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berbekal informasi tersebut, petugas kepolisian kemudian mengecek data penumpang kapal di Pelabuhan Benoa. Di sana disebut jika kapal yang membawa pelaku transit di daerah Bima, NTB.

Upaya petugas melakukan pengejaran membuahkan hasil. Pelaku akhirnya dapat ditangkap saat berada di Bima, NTB.

Saat diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya. Selain itu, pelaku juga mengaku telah melakukan aksi pencurian di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Denpasar pada 2 September 2021.

BACA JUGA:  Catut Nama Dosen, Owner IndoTrader Academy Dipolisikan

Serta, pelaku juga mengaku beraksi dengan melakukan aksi pencurian di sebuah villa di kawasan Ubud, Gianyar pada 28 Agustus 2021.

“Pihak bank BPD yang mesin ATM nya dibobol menderita kerugian sekitar Rp3 juta karena pelaku merusak rolling door dan memecahkan pintu kaca,” jelas Kombes Satriyan. (agw)