Tak Ingin Insiden Lapas Tangerang Terjadi di Bali, Ini Instruksi Kakanwilkumham

Kebakaran yang melanda Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kebakaran terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021) dini hari. Peristiwa tersebut mengakibatkan 41 narapidana tewas terpanggang hidup-hidup, termasuk 2 di antaranya warga negara asing (WNA).

“Terkait dengan kejadian di Lapas Tangerang, kita turut prihatin dan mengucapkan bela sungkawa kepada korban dan keluarganya atas musibah tersebut,” ucap Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamurili Manihuruk, Rabu (8/9/2021) di Denpasar.

Dengan adanya insiden tersebut kata Jamaruli, pihaknya telah mengingatkan para Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) dan Kepala Rumah Tahanan (Karutan) di seluruh Bali. Terutama untuk Lapas yang isinya cukup banyak dan over kapasitas, ini perlu antisipasi.

Ditambahkan, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pemasyarakatan tentang penanganan bencana bahwa jaringan listrik yang ada di seluruh Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan dan Balai Pemasyarakatan harus dalam kondisi aman.

“Listrik harus aman, tidak ada beban yang berlebihan. Selain itu, juga dipastikan bahwa semua jaringan listrik bisa terputus bila terjadi sesuatu, dengan menggunakan alat pemutus,” jelasnya.

Kemudian lanjutnya, seluruh kabel yang memungkinkan dapat menimbulkan bencana seperti kebakaran agar selalu dalam kondisi aman.

“Peristiwa kebakaran yang melanda Lapas Tangerang harus menjadi pelajaran, sehingga tidak terjadi di Kanwil Kemenkumham Bali beserta jajaran,” tegasnya.

Dijelaskan, selama ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan. Salah satunya adalah pelatihan penanganan bencana.

“Misalnya di Rutan Negara telah dilakukan pelatihan penanganan bencana. Kemudian di LP Kerobokan juga melakukan pengecekan peralatan, begitu pula seluruh Lapas dan Rutan se Bali,” pungkasnya. (agw)

BACA JUGA:  Jelang Libur Panjang, Basarnas Siagakan Personel di Pintu Masuk Bali dan Objek Wisata