Bikin Onar di Bali, WN Rusia Dideportasi Imigrasi Denpasar

Petugas Imigrasi saat mengawal pendeportasian WN Rusia. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Pihak Imigrasi Denpasar mendeportasi seorang pria warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Oleg Chadin. Sebelum dideportasi ia dikurung beberapa saat di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar.

“Yang bersangkutan dideportasi karena melanggar Pasal 75 ayat (1) UU RI No.
6 tahun 2011 tentang keimigrasian,” terang Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Kamis (9/9/2021) di Denpasar.

Bule Rusia ini tercatat masuk ke Indonesia pada bulan Desember 2020 silam menggunakan Izin Tinggal Kunjungan (ITK).

Pada tanggal 31 Agustus 2021, ia terbukti telah melanggar peraturan daerah (Perda) No 7 tahun 2016 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar kemudian melakukan tindakan administratif keimigrasian karena ia dinilai melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum.

“Sehingga yang bersangkutan ditempatkan di Rumah Detensi Imigrasi Denpasar,” jelas Jamaruli.

Proses pendeportasian dilakukan dengan membawa warga asing ini ke Jakarta, Jumat (27/8/2021) sekitar pukul 14.05 Wita dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, ia diberangkatankan dengan memakai penerbangan Turkish Airlines TK057 tujuan Jakarta-Instanbul-VKO/Moskow.

“Kami telah usulkan agar warga asing tersebut dimasukan ke dalam daftar penangkalan atau cekal ke Direktorat Jenderal Imigrasi sesuai dengan undang-undang nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,” kata Jamaruli. (agw)

BACA JUGA:  82 Personel Polresta Denpasar Naik Pangkat, Salah Satunya Kapolsek Kuta