Akses Dibuka, Pantai Kuta akan ‘Menggeliat’ Kembali dan Jadi Magnet Wisatawan

Spanduk peringatan Pantai Kuta ditutup untuk pengunjung saat diberlakukan PPKM Darurat Jawa-Bali. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Setelah cukup lama ditutup — selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, pengelola Pantai Kuta mulai Rabu (8/9/2021),  kembali membuka akses utama pintu masuk menuju pantai yang menjadi primadona wisatawan mancanegara maupun nusantara yang datang ke Bali.

Dengan telah dibukanya kembali akses pintu masuk Pantai Kuta, diharapkan pantai ini akan ‘menggeliat’ kembali dan sekaligus menjadi magnet bagi wisatawan yang berlibur di Pulau Dewata.

Kendati telah dibuka untuk kunjungan wisatawan baik lokal maupun domestik, Satgas pantai dan Jagabaya tetap akan bersiaga mengawasi protokol kesehatan dan jumlah pengunjung yang mau ke pantai. “Petugas akan disiagakan, dan jumlahnya pengunjung masuk ke pantai dibatasi,” kata Bendesa Adat Kuta, I Wayan Wasista, yang dikonfirmasi awak media, Kamis (9/9/2021)

Untuk diketahui, dengan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasam Kegiatan Masyarakat (PPKM) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali yang diterbitkan Selasa 7 September 2021, mengizinkan daya tarik wisata (DTW) alam, budaya, buatan, spiritual, dan desa wisata dilakukan uji coba dibuka dengan kapasitas pengunjung maksimal 50% dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat dan menggunakan Aplikasi PeduliLindungi.

Wasista menjelaskan, dengan dibukanya kembali Pantai Kuta untuk umum, diharapkan dapat membantu memutar roda perokonomian masyarakat setempat yang mata pencahariannya selama ini sangat bergantung pada sektor pariwisata.

Pihaknya selaku pengelola pantai akan mengawasi para pengunjung dan pedagang yang akan kembali berjualan di pantai untuk taat mengikuti aturan disiplin protokol kesehatan. “Kami hanya akan menginzinkan warga pedagang yang sudah divaksin Covid-19 dosis lengkap berjualan di pantai,” tegasnya.

BACA JUGA:  Bupati Suwirta Optimalkan Program Gema Tansaplas

Dia berharap tidak ada lagi keputusan pemerintah untuk membuka tutup pintu masuk Pantai Kuta. Sehingga masyarakat dapat kembali mengais rezeki dan roda perekonomian di Kuta kembali bangkit.

Selain membuka akses pintu masuk utama Pantai Kuta, Satgas pantai dan Prajuru Desa Adat Kuta juga telah memeriksa sejumlah fasilitas protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan agar dapat digunakan kembali. (sdn)