Mediasi Kasus Warga Sidatapa dengan Dandim Buleleng, Ini Pesan Pangdam Udayana

Pangdam IX/Udayana bersama Gubernur Bali saat mediasi insiden Sidatapa di Makodim 1609/ Buleleng. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mengingatkan, dalam mengatasi pandemi Covid-19 jika tidak kekompakan maka akan terus seperti ini. Sehingga jika ada satu orang tidak mengerti Covid-19 maka akan membahayakan seluruh masyarakat Bali.

“Kami berharap Kabupaten Buleleng dapat dijadikan sebagai contoh penanganan Covid-19 terbaik di Bali,” katanya di sela-sela mediasi kasus pemukulan Komandan Kodim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisriyanto oleh oknum warga Desa Sidatapa, Buleleng, 23 Agustus 2021 lalu yang akhirnya diselesaikan secara damai di Makodim 1609/Buleleng, Selasa (7/9/2021).

Pangdam mengatakan, sejak awal kedua belah pihak telah ada keinginan untuk menyeselesaikan persoalan ini secara damai. “Saya pikir, masalah ini telah selesai, dan kedepan kita mulai fokus dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Bali I Wayan Koster yang juga ikut memediasi upaya damai kasus yang sempat viral di media sosial ini menegaskan bahwa permasalahan yang terjadi antara Dandim 1609/Buleleng dengan warga Desa Sidatapa diselesaikan sepakat secara damai.

Dikatakan, mulai hari ini kedua belah pihak akan mencabut laporan dan tidak ada lagi proses hukum. Gubernu juga minta semua pihak untuk mendukung upaya yang telah dilakukan, serta berharap tidak ada upaya dari pihak-pihak lain untuk memanasi dengan tujuan memperkeruh suasana.

“Mulai hari ini, kedua belah pihak sepakat damai dan tidak boleh ada lagi yang mengungkit-ungkit masalah ini, mari kita lihat bagaimana Bali ini kedepan,” tandasnya.

Dijelaskan, penanganan pandemi Covid-19 lebih mendesak dan memerlukan kerja keras bersama serta sinergi berbagai pihak untuk memulihkan kembali kepercayaan masyarakat luar terhadap Bali sebagai destinasi wisata.

BACA JUGA:  Wow..! Dua Desa di Buleleng hingga saat Ini Belum Tersentuh Corona

“Bapak Pangdam IX/Udayana memiliki program-program yang sangat baik dan akan kita sinergikan dengan Pemerintah Daerah Bali dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Bali,” pungkas Gubernur Koster. (agw)