Tertibkan Prokes, Tim Yustisi Denpasar Sasar Sejumlah Pasar dan Fasum

Tim Yustisi Kota Denpasar saat mendatangi Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung untuk melakukan penertiban Prokes. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Tak ada kata lelah, apalagi menyerah bagi Tim Yustisi Kota Denpasar dalam melakukan penertiban protokol kesehatan (Prokes) di wilayahnya. Terlebih lagi, Kota Denpasar masih berada di PPKM Level 4.

Dengan menggunakan kendaraan operasional, Tim Yustisi Kota Denpasar yang dikomandani Kasatpol PP Kota Denpasar Dewa Gede Anom Sayoga mendatangi pasar-pasar, jalan-jalan protokol, dan fasilitas umum (Fasum). Meski relatif tertib, tetapi masih ada saja pengunjung pasar yang mengenakan masker secara tidak benar, seperti dipasang di bagian dagu.

“Ada lima orang yang kami tertibkan saat sidak di pasar  karena maskernya dikenakan di bagian dagu, padahal kan masker itu menutup hidung, mulut dan dagu. Kami berikan mereka sanksi sosial,” ucap Dewa Gede Anom Sayoga, Senin (6/9/2021).

Saat pandemi Covid-19 masih belum reda, masyarakat memang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker dengan benar, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan mengurangi mobilitas. Menurut Dewa Gede Anom Sayoga, semua itu untuk memutus penyebaran Covid-19.

Selain memantau sejumlah pasar, kata Dewa Gede Anom Sayoga, pihaknya juga melakukan kegiatan pemantauan prokes secara mobiling (patroli keliling) bersama tim dari Polresta Denpasar, Kodim 1611 Badung, dan Dishub Kota Denpasar.

Seperti yang dilakukan pada Minggu (5/9/2021), tim bergerak dari Polresta Denpasar menuju Jalan Gunung Sanghyang, Jalan Gunung Agung, Jalan Setia Budi, Jalan Gambuh, Jalan Sutomo, Jalan Gajah Mada, Jalan Kepundung, Jalan Patimura, Jalan Kenyeri, Jalan Gatot Subroto, Jalan Kebo Iwa Selatan, dan kembali ke Polresta Denpasar.

BACA JUGA:  Bupati Sanjaya Sampaikan Pidato Perdana di Sidang Paripurna DPRD Tabanan

Dalam pemantauan secara mobiling ini tim tidak menemukan adanya pelanggaran prokes termasuk juga ketika mendatangi tempat-tempat umum seperti Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Situasinya aman terkendali.

Meski begitu, lanjut Dewa Gede Anom Sayoga, tim terus mengimbau masyarakat untuk taat prokes di mana pun, kapan pun maupun saat berbicang-bincang dengan orang lain.

Dia berharap dengan makin tingginya kesadaran masyarakat Kota Denpasar dalam menerapkan dan mematuhi prokes, kasus Covid-19 di daerah ini makin terkendali yang pada akhirnya tidak terjadi lagi penularan. (*/red)