Bebas dari Penjara Atas Kasus Merusak Barang, WN Amerika Serikat Dideportasi

WN Amerika Serikat (tengah) yang dideportasi. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Seorang warga negara (WN) Amerika Serikat berinisial Daniel BH dideportasi. Sebelum dideportasi ia sempat ditahan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar.

“Selain dideportasi, yang bersangkutan telah diusulkan untuk dimasukan kedalam daftar penangkalan atau cekal ke Direktorat Jenderal Imigrasi,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Sabtu (28/8/2021) di Denpasar.

Sebelumnya, bule yang diketahui terakhir kali datang ke Indonesia sekitar bulan Maret 2020 terlibat kasus tindak pidana sesuai Pasal 406 ayat 1 KUHP yakni merusak barang.

Ia lantas dijebloskan ke Lapas Kelas IIA Kerobokan dan dinyatakan bebas pada tanggal 9 Maret 2021 lalu.

Anehnya, berkas yang diterima Kemenkumham dari Lapas Kelas IIA Kerobokan menyebut bule tersebut memiliki identitas atas nama David Smith, warga negara Kanada.

“Pihak Rudenim Denpasar langsung berkoordinasi dengan Kedutaan terkait. Hasilnya ia dinyatakan merupakan warga negara Amerika Serikat dengan nama Daniel BH,” jelas Jamaruli.

“Setelah dilakukan pemeriksaan di Rudenim Denpasar, yang bersangkutan akhirnya mengakui bahwa dia warga negara Amerika Serikat,” sambungnya.

Daniel BH kemudian dibawa ke Jakarta. Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, ia lalu diberangkatkan dengan menggunakan penerbangan Turkish Airlines tujuan Jakarta-Instanbul-New York, Jumat (27/8/2021) sekitar pukul 21.05 WIB. (agw)

BACA JUGA:  Bekuk Pengedar, Polisi Temukan Ratusan Butir Ekstasi dan 149 Gram Sabu