Ratusan Napi Rutan Gianyar dan Lapas Perempuan Kerobokan Jalani Vaksinasi

WBP Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Kerobokan saat menjalani vaksinasi. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Gianyar menjalani vaksiniasi Covid-19. Vaksinasi diikuti 96 orang narapidana.

“Ini merupakan vaksinasi tahap dua. Kegiatan diikuti oleh 96 orang WBP yang terdiri dari 87 orang laki-laki dan 9 orang wanita,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Jumat (27/8/2021) di Denpasar.

Semestinya vaksin diikuti 125 orang napi namun 14 orang WBP telah mendapatkan vaksin jenis berbeda di Mapolres Gianyar dan 15 rang lainnya belum bisa mengikuti vaksin tahap kedua karena belum mendapatkan vaksin tahap pertama.

Jamaruli menerangkan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan untuk menyukseskan upaya pemerintah dalam mengatasi dan menekan laju penyebaran Covid-19 yang terus melonjak.

Mengingat Rutan Kelas IIB Gianyar sebagai kelompok masyarakat dengan pekerjaan yang memiliki resiko tinggi dalam penularan Covid-19 karena pekerjaan yang mengharuskan bertemu dengan banyak orang.

Selain Rutan Gianyar, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Kerobokan melakukan vaksinasi Covid-19 tahap 1 dan tahap II bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Vaksinasi tahap 1 diikuti 52 orang WBP sementara vaksinasi tahap II berjumlah 146 orang.

“Terdapat 10 orang WBP tidak layak vaksin dikarenakan memiliki masalah kesehatan. Vaksinasi juga diikuti 7 WBP orang asing dan 17 orang pegawai lapas,” jelasnya.

Jamaruli lantas mengimbau seluruh petugas dan WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan untuk selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga guna meningkatkan imun di masa pandemi Covid-19.

“Agar senantiasa menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga serta lebih ketat dalam penerapan protokol kesehatan. Hal ini untuk dapat membantu upaya pemerintah dalam pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya. (agw)

BACA JUGA:  Bangli Kembali Raih Penghargaan Kemenko Perekonomian