Buka Rapat Peningkatan Peran Bunda Paud, Ini Pesan Antari Jaya Negara

Bunda Paud Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, saat membuka Rapat Internal Peningkatan Peran Bunda Paud Kota Denpasar secara daring. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Bunda Paud Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, membuka Rapat Internal Peningkatan Peran Bunda Paud Kota Denpasar secara daring, Jumat (20/8/2021). Acara ini juga diikuti Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini.

Pada kesempatan itu, Sagung Antari mengatakan, rapat internal ini penting dilaksanakan dalam rangka mengoordinasikan kegiatan peningkatan peran Bunda Paud Kota Denpasar.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada panitia dalam hal ini IGTKI Kota Denpasar yang ditunjuk untuk menggawangi kegiatan ini mengingat Pokja Bunda Paud belum secara resmi dibentuk saat pengajuan proposal kegiatan,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemkot Denpasar sangat berkomitmen untuk memajukan Paud di Kota Denpasar dengan menjamin penyediaan layanan paud bagi seluruh anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.

“Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani mereka agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang cerdas dan sehat,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan dukungan berbagai pihak, salah satu pemangku kepentingan yang dipandang memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan paud berkualitas adalah “Bunda Paud”.

Dalam menjalankan peran tersebut dibentuk Pokja Bunda Paud secara berjenjang. Melalui Pokja Bunda Paud yang dibentuk Sagung Antari berharap dapat mendorong pelaksanaan Paud berkualitas di seluruh lembaga paud yang ada.

Dijelaskan, kelompok kerja (Pokja) Bunda Paud Kota Denpasar adalah organisasi yang mendukung pelaksanaan tugas dan peran Bunda Paud Kota Denpasar dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Paud berkualitas di Kota Denpasar.

Tergabung dalam Pokja Bunda Paud Kota Denpasar sudah mengakomodir unsur birokrasi, praktisi, akademisi, organisasi profesi Paud, dan pemangku kepentingan yang terkait.

BACA JUGA:  Rai Mantra Ingatkan Masyarakat Gunakan Masker saat Keluar Rumah

Ia mengatakan, keberadaan Bunda Paud sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada sehingga peran Bunda Paud harus lebih ditingkatkan.

Untuk itu ia berharap Bunda Paud dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan paud dalam mendorong layanan paud yang berkualitas.

Bunda Paud juga diharapkan dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan paud menjadi optimal.

Antari Jaya Negara juga mengharapkan Bunda Paud dapat melibatkan kaum ibu secara aktif, mengingat perannya yang sangat penting dalam mendidik anak usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak mereka.

“Begitu banyak tanggung jawab moral yang harus kita kerjakan, saya berharap semoga kita dapat bergandengan tangan saling bahu membahu dan saling mengisi dalam tujuan mulia ini,” harapnya. (*/hms)