Bahayakan Keamanan Negara, Seorang WN Australia Dicekal Masuk Indonesia

WN Australia saat tiba di Rudenim Denpasar. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Seorang warga negara (WN) asal Australia Davey Shane Christian (47) akan dideportasi dan dimasukkan ke dalam daftar cekal untuk ke wilayah Indonesia.

“Warga asing tersebut dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Kamis (19/8/2021) di Denpasar.

“Selain itu namanya dimasukan ke dalam daftar penangkalan, dikarenakan yang bersangkutan telah melakukan kegiatan berbahaya,” lanjutnya.

Warga asing ini kata Jamaruli juga patut diduga membahayakan keamanan dan
ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan sesuai Pasal 75 ayat 1 Undang-undang nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Dijelaskan, bule pemilik paspor dengan nomor E4111110 ini sebelumnya diputus bersalah karena melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf A Undang-undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Ia kemudian menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tabanan dan dinyatakan bebas pada 17 Agustus 2021 bertepatan dengan HUT ke 76 RI.

Setelah bebas, warga asing ini lalu dijemput petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Selasa (17/8/2021) sekitar pukul 17.50 Wita.

“Sementara waktu yang bersangkutan ditempatkan di Rudenim Denpasar. Untuk pelaksanaan pendeportasian dari wilayah Indonesia belum dapat dilaksanakan mengingat dia belum memiliki tiket kembali ke negara asalnya,” pungkasnya. (agw)

BACA JUGA:  Polisi Tangkap Pelaku yang Ludahi Petugas PLN di Medan