BMKG Ingatkan Sejumlah Wilayah Waspadai Cuaca Ekstrem

Foto ilustrasi cuaca ekstrem. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan terjadi cuaca ekstrem, 15-20 Agustus. Ini dikarenakan adanya peningkatan aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial.

“Hal ini berdasarkan hasil analisis dan prediksi dinamika gelombang atmosfer terkini,” ucap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam siaran pers tertulis, Senin (16/8/2021).

Dikatakan, MJO dan Gelombang Rossby Ekuatorial adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah yang dilewatinya.

Fenomena MJO bergerak dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari.

Sedangkan Fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudera Pasifik ke arah Samudera Hindia dengan melewati wilayah Indonesia.

“Sama halnya seperti MJO kata Guswanto, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia maka dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah indonesia,” jelasnya.

Selain itu, BMKG juga mengamati adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan barat Sumatera Barat dan dari Riau hingga Sumatra Utara yang dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan.

“Adanya kondisi-kondisi dinamika atmosfer tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan pada periode satu minggu kedepan di beberapa wilayah Indonesia,” terangnya. (agw)

BACA JUGA:  DPRD Tabanan Minta Beras Cadangan Segera Didistribusikan