Bupati Dana Berharap Pramuka Jadi Pelopor Disiplin Prokes

Bupati Karangasem I Gede Dana yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka, saat membuka secara resmi Sarasehan Pramuka. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Peringati HUT ke-60 Pramuka di Kabupaten Karangasem, Pramuka diharapkan ikut berperan menjadi agen penerapan protokol kesehatan di masyarakat di masa Pandemi Covid-19 yang terus melanda sampai saat ini.
Hal tersebut dikatakan oleh Bupati

Karangasem I Gede Dana yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka, saat membuka secara resmi Sarasehan Pramuka, Sabtu (14/8/2021) di Aula Kantor Disdikpora Karangasem.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Dana mengatakan, Pramuka Karangasem harus menjadi pelopor kepada masyarakat mengenai kedisiplinan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.
“Kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu kunci untuk keluar dari masa Pandemi Covid-19,” kata Bupati Dana.

Ia juga mengatakan, Pramuka Karangasem harus menjadi contoh masyarakat yang tangguh, mampu menghadapi semua tantangan dan mampu menggalang kepedulian terhadap sesama. Pramuka juga perlu untuk menjadi pribadi yang bersedia berkorban dan membantu seluruh saudara, keluarga dan tetangga di lingkungan sekitar.

“Sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Berbakti Tanpa Henti”, itu artinya sangat tepat untuk mendefinisikan semangat pramuka untuk terus berbakti tanpa henti di segala bidang,” ujar Bupati Dana.

Bupati Dana juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pramuka yang telah bahu membahu bersama elemen masyarakat lainnya, dalam menangani Pandemi Covid-19 khususnya di Kabupaten Karangasem.
“Inilah jiwa pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, terpanggil, rela berkorban untuk membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama dan golongan,” kata Bupati Dana.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem I Gusti Ngurah Kartika menyampaikan, sarasehan ini digelar dalam rangka menyambut dan merayakan HUT ke-60 Gerakan Pramuka dan diikuti oleh seluruh Pembina Pramuka Kabupaten Karangasem secara daring.

BACA JUGA:  Tangkal Corona, Gianyar Akan Gelar Upacara Tawur Labuh Gentuh Bumi

Dalam kesempatan tersebut Bupati Dana juga berkesempatan menyerahkan hadiah bagi Pemenang Lomba yang digelar oleh Kwartil Cabang Gerakan Pramuka Karangasem sekaligus menyerahkan sembako, sumbangan dan masker kepada Kwaran. (tim)