Wali Kota Denpasar Ajak Mahasiswa dan Seniman Ikut Atasi Permasalahan Pandemi

Wali Kota Jaya Negara membuka webinar nasional secara daring, Kamis (12/8/2021). (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, mengajak para mahasiswa dan pelaku seni untuk ikut memaksimalkan perannya dalam mengelola dan mengatasi segala permasalahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19 terutama di lingkungan kampus, keluarga, dan lingkungan sekitarnya.

Ajakan tersebut disampaikannya saat membuka webinar nasional yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia secara daring, Kamis (12/8/2021).

Turut mendampingi Wali Kota, Plt. Kadisdikpora Denpasar, IGN Eddy Mulya, dan turut hadir Rektor Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Dr I Made Suarta, SH, MHum, perwakilan fakultas di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, serta dosen dan mahasiswa Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Webinar nasional ini menghadiri narasumber Koorprodi S3 Pendidikan Seni Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Dr Agus Cahyono, MHum, Ketua Jurusan Pendidikan Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Dr Ayu Niza Machfauzia, M. Pd, dan Dosen Prodi Pendidikan Sendratasik FKIP-Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, I Gede Gusman Adhi Gunawan, SSn,MSn.

Dalam webinar bertemakan ‘Spirit Kemerdekaan 17 Agustus dalam Pendidikan Seni yang Kreatif Inovatif di Masa Pandemi Covid-19’, Jaya Negara menyebutkan dalam situasi pandemi ini para pelaku seni dituntut untuk dapat melakukan penyesuaian dan adaptasi, termasuk peralihan aktivitas ke ruang digital.

“Dalam situasi pandemi ini dengan beradaptasi ke teknologi digital agar pelaku kesenian tetap dapat memasarkan produknya dan dapat tetap berkreativitas, sehingga pandemi ini tidak menjadi penghalang bagi kita semua untuk tetap berkreativitas dan menggali potensi-potensi untuk menciptakan peluang baru dalam berkesenian,” paparnya.

Jaya Negara percaya, dengan kreativitas dan inovasi Program Studi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia dapat mendukung dan menggerakan kembali seni pertunjukan tradisional, seni kerajinan, dan seni budaya lainnya yang pada akhirnya dapat membawa dampak terhadap perkembangan ekonomi kreatif khususnya di Kota Denpasar.

BACA JUGA:  Dorong Pilkada Damai, Polresta Denpasar Gelar FGD dengan Partai Gerindra

Sementara Rektor Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Dr I Made Suarta, SH, MHum berterima kasih kepada Pemkot Denpasar khususnya Wali Kota Jaya Negara yang telah berkesempatan untuk hadir sekaligus membuka webinar nasional ini.

“Kami berharap ke depannya dengan dilaksanakannya webinar ini dapat memberi motivasi bagi seluruh mahasiswa maupun masyarakat agar tetap dapat berkreativitas di  masa pandemi Covid-19, namun dengan catatan dapat beradaptasi dengan teknologi digital dan tetap memperhatikan protokol yang ketat,” harapnya. (*/ist)