PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 16 Agustus, Anak Dibawah 12 Tahun dan Lansia Diatas 70 Tahun Dilarang ke Mall

Menko Luhut Binsar Panjaitan. ©2020 Humas Kemenko Kemaritiman.

Beritabalionline.com – Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang PPKM berbasis level di Pulau Jawa dan Bali dari tanggal 10-16 Agustus 2021. Hal itu ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Atas arahan Presiden Republik Indonesia maka PPKM Level 4, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021,” ujar Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (9/8/2021).

Luhut menyebut, terkait keputusan perpanjangan PPKM ini akan dituangkan dalam instruksi Menteri Dalam Negeri secara lebih detail. Dia bilang, dalam proses keputusan detail itu pemerintah telah berkomunikasi dengan cermat bersama berbagai pihak.
.
“Misalnya asosiasi mal, perindustrian dan sebagainya sehingga detil detil pelaksanaan ini sudah disiapkan dengan baik oleh berbagai asosiasi,” ucapnya.

Luhut menambahkan, setiap langkah yang pemerintah ambil telah mempertimbangkan berbagai aspek. Pemerintah juga menerima masukan berbagai ahli.

“Setiap langkah yang pemerintah ambil tentunya telah mempertimbangkan berbagai aspek serta masukan masukan berbagai ahli dalam bidangnya,” ucapnya.

Pemerintah mulai membuka perlahan pusat perbelanjaan di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang dengan kapasitas 25 persen. Pengoperasian mal dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Masyarakat yang ingin masuk harus menggunakan aplikasi peduli lindungi.

“Dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi peduli lindungi,” jelasnya.

Selain syarat sudah divaksinasi, anak umur dibawah 12 tahun dilarang masuk ke mal. Kemudian, lansia di atas 70 tahun juga dilarang masuk mal. (itn)

BACA JUGA:  Tak Terima Putusan MK, Massa di Papua Bakar KPU hingga Bank