Proyek Lampu Hias Gianyar Senilai Rp 12,8 Miliar Mulai Ditenderkan

Lampu hias penerangan jalan di Kota Gianyar. (fogo: ist)

Beritabalionline.com –  Proyek Lampu Hias penerangan jalan di Kabupaten Gianyar senilai Rp 12,8 Miliar mulai memasuki tahapan tender.
Kadishub Gianyar, I Wayan Suamba membenarkan pemasangan lampu hias tahap 2 kini sudah memasuki tahap tender.

“Pemasangannya mulai Desa Bitera sampai ke Semebaung. Lalu dari DPRD Gianyar ke Pasar Gianyar, Tiang lampu disesuaikan, jaraknya juga disesuaikan namun tidak serapat di pusat kota. Nilai tender proyek ini sebesar Rp 12,8 miliar, ” kata Suamba Kamis (5/8/2021).

Sebelumnya, di tahun 2020 Dishub Gianyar telah memasang titik lampu sebanyak 230 tiang di Pusat Kota Gianyar. 230 tiang tersebut, terdiri dari 145 tiang tunggal dan 85 tiang doble. Lampu-lampu yang berwarna merah kombinasi emas tersebut dipasang pada Kota Gianyar, utamanya depan Kantor Bupati Gianyar.

Pemasangan lampu sebelumnya menghabiskan anggaran Rp 8,9 miliar lebih berasal dari APBD Gianyar.
Sebelumnya, Bupati Gianyar menginstruksikan agar pemasangan lampu penerangan seperti yang sudah terpasang dilanjutkan.
Lampu penerangan jalan (LPJ) yang ada unsur estetikanya nantinya menyesuaikan bentuknya dari LPJ yang ada di pusat kota. Sedangkan bentuk dan jarak nanti disesuaikan.

Untuk lampu hias yang sudah terpasang sebanyak 230 titik yang semuanya di pusat kota dan sampai ruas jalan Dharmagiri.
Pemasangan lebih lanjut berkisar antara 200 titik lampu, namun pemasangan lampu ini jaraknya tidak serapat yang sudah terpasang.
Sedangkan untuk seluruh Kabupaten Gianyar sudah terpasang LPJ sebanyak 6.700 LPJ.

Kesemua titik lampu ini kedepannya semua menggunakan panel kilometer, sehingga berapa penghabisan pemakaian listrik, sebesar itu yang dibayar. (yaw) 

BACA JUGA:  Bupati Apresiasi Bantuan ‘SOS’ bagi Warga Terdampak Covid-19