Danrem Serahkan Bantuan Alat Oksigen untuk Penanganan Pasien Covid

Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf menyerahkan bantuan alat Oksigen Konsentrator kepada Kakesdam IX/Udayana. (FOTO : Agung Widodo)

Beritabalionline.com – Komandan Korem (Danrem) 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf menyerahkan bantuan berupa 10 unit alat Oksigen Konsentrator (Oxygen Concentrator) kepada Kesehatan Kodam (Kakesdam) IX/Udayana.

“Bantuan alat tersebut nantinya akan dipergunakan oleh Pusat Kesehatan Kodam IX/Udayana untuk penanganan pasien Covid-19 yang ada di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara,” ucap Danrem, Selasa (3/8/2021) sore di Lobi Utama Makorem Wira Satya, Denpasar.

Dikatakan oleh Danrem, alat Oxygen Concentrator tersebut merupakan donasi dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Tidak hanya diperuntukkan bagi rumah sakit TNI yang ada di Bali saja, bantuan Oxygen Concentrator juga menyasar ke rumah sakit TNI di wilayah Nusa Tenggara.

“Ini guna menunjang kebutuhan oksigen dalam situasi pandemi saat ini. Kami bersyukur Kodam IX/Udayana mendapat 10 buah Oxygen Concentrator dengan kapasitas cukup besar,” jelasnya.

“Penggunaannya ini juga tidak perlu di refill (pengisian kembali), jadi tinggal colok ke listrik langsung menghasilkan oksigen,” lanjut Danrem.

Sementara Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm. dr. I Made Mardika, Sp.PD., M.A.R.S., saat menerima langsung sumbangan menuturkan, alat Oxygen Concentrator memiliki kemampuan untuk dapat menghasilkan oksigen yang tidak terbatas jumlahnya.

Menurutnya, selama pandemi Covid kebutuhan oksigen dalam tabung per harinya mencapai 100 tabung. Sehingga hal ini sempat menimbulkan kelangkaan di pasaran.

Dengan adanya bantuan alat ini diharapkan akan mampu mengatasi permasalah tersebut untuk membantu penanganan Covid-19 di wilayah Bali dan Nusa Tenggara pada khususnya.

“Praktisnya, alat ini yang jelas tidak perlu diisi ulang, selain itu, bentuknya yang kecil bisa dipindah-pindah dengan mudah dan sangat bermanfaat bagi rumah sakit yang selama ini selalu kekurangan oksigen. Kami pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah banyak membantu,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  1.006 Pelamar Ikut Tes Perekrutan Tenaga Kerja Non PNS untuk RSU Payangan