Dua Pendaki Tersesat di Kawah Gunung Batur Berhasil Dievakuasi

Evakuasi pendaki yang tersesat oleh petugas Basarnas. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Dua orang tersesat hingga berada di dekat kawah Gunung Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli. Kedua orang yang tersesat tersebut masing-masing bernama Misel (27) dan Made Yoga (29).

“Kami terima permintaan bantuan evakuasi tadi pagi sekitar pukul 07.30 Wita,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, Sabtu (31/7/2021) di Denpasar.

Sebelumnya keduanya dikabarkan melakukan pendakian, Jumat (30/7/2021) malam. Karena kondisi gelap dan jalan tidak terlihat jelas, mereka baru sadar berada di jalur kawah.

“Dengan kondisi tidak memungkinkan, kedua orang itu lalu memutuskan berlindung hingga menunggu bantuan,” jelasnya.

Basarnas Bali yang menerima laporan mengerahkan dua tim dari Pos SAR Karangasem dan Kantor Basarnas Bali yang berada di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung.

Total personel Basarnas Bali yang dikerahkan yaitu 14 orang dengan membawa peralatan mounteneering.

Setelah berkumpul di parkiran atas Pura Pasar Agung Batur, tim SAR gabungan bersama masyarakat dan pemandu lokal mulai melakukan perjalanan menuju lokasi untuk pencarian.

Guna mengurangi resiko dan demi faktor keselamatan, tim SAR memutuskan untuk menurunkan 1 personel dengan bantuan peralatan mounteneering di lokasi kedua pendaki meminta pertolongan.

“Korban perempuan atas nama Misel dievakuasi terlebih dulu, berikutnya korban atas nama Made Yoga. Keduanya dalam keadaan selamat,” ucap Darmada. (agw)

BACA JUGA:  Rai Mantra Minta Tim Gugus Tugas, Perbekel, Lurah dan Desa Adat Fokus dalam Penanganan Covid-19