Aktifkan Dapur Umum, Pemkot Siapkan 1.000 Nasi Bungkus Gratis per Hari

Kabag Kerja Sama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, saat pelaksanaan rapat teknis Dapur Umum Gotong Royong Kota Denpasar, Kamis (29/7/2021).

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar merancang pengaktifan kembali Dapur Umum Gotong Royong demi membantu kesiapsiagaan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 di Kota Denpasar.

Hal tersebut disampaikan Kabag Kerja Sama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, dalam rapat teknis Dapur Umum Gotong Royong Kota Denpasar di Kantor Wali Kota Denpasar, Kamis (29/7/2021).

“Sehari kami rancang pembagian dua kali, yakni pagi pukul 11.00 Wita dan sore hari pukul 16.00 Wita dengan jumlah nasi rata-rata per hari seribu bungkus,” ujar Ayu Laxmy.

Dalam pelaksanaan dapur umum ini nantinya akan dilakukan secara sukarela, tolong-menolong, saling peduli, dan memiliki rasa persaudaraan yang kuat yang merupakan landasan kuat dari “Vasudaiva Khutumbakam” atau Menyama Braya.

“Penyelenggaraan dapur umum “Gotong Royong Kota Denpasar” berlokasi di Jaba Paon Kaliasem Denpasar. Dibentuk untuk membantu dalam kesiapsiagaan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, dan dalam waktu dekat akan di-launching secara simbolis,” jelasnya.

Laxmy menyebut ketersediaan pangan yang dibentuk melalui dapur umum ini tentu saja dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang baik dan higienis, bebas dari bahan-bahan yang merugikan, dan dapat diterima seluruh kalangan.

Pihaknya menekankan, sasaran dari program ini adalah masyarakat yang sangat membutuhkan, utamanya bagi mereka yang sama sekali belum mendapatkan bantuan dari sumber dana manapun.

Dalam sasaran ini diupayakan data dari masing-masing wilayah kecamatan serta masukan dari kelompok masyarakat.

“Atau pihak lainnya yang mengetahui keberadaan masyarakat yang perlu dibantu sehingga dapat diketahui masyarakat yang perlu didistribusikan,” demikian Ayu Laxmy. (ist)

BACA JUGA:  Rai Mantra Ingatkan Pedagang Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan