7 Anak Didik Pemasyarakatan di Bali Peroleh Remisi, Salah Satunya Langsung Bebas

Anak didik pemasyarakatan yang menerima remisi Hari Anak Nasional 2021. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Sejumlah anak didik penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Karangasem dan anak didik penghuni Lapas Kelas IIA Kerobokan mendapatkan remisi.

“Ada 7 anak didik yang memperoleh remisi,” ucap Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Sabtu (24/7/2021) di Denpasar.

Remisi atau pengurangan masa hukuman tersebut diberikan dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) 2021, Jumat (23/7/2021).

Dari 7 anak didik yang mendapatkan remisi, 2 anak masing-masing memperoleh remisi 3 bulan, 2 anak memperoleh remisi 2 bulan dan 3 anak didik memperoleh remisi 1 bulan.

“Salah satu anak didik pemasayarakatan tersebut langsung mendapatkan bebas murni,” ucapnya.

Jamaruli mengatakan, khusus LPKA Karangasem memiliki 39 anak didik pemasyarakatan yang terdiri dari 14 anak, 25 pemuda berusia di atas 18 tahun di bawah 21 tahun.

Ditambahkan, pembinaan anak didik pemasyarakatan yang rutin dilakukan di antaranya pelatihan teknik dasar pendingin AC, perbengkelan, perkebunan, perikanan, musik, dan kelisitrikan.

Selain itu, LPKA Karangasem memberikan pendidikan non formal berupa kejar Paket A, B, dan C dengan mendatangkan Guru dari Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

“Hal tersebut bertujuan untuk membekali anak didik pemasyarakatan dengan keahlian dan keterampilan serta tidak tertinggal dari pendidikan setelah sudah keluar LPKA,” jelasnya.

Pihaknya berharap anak didik pemasyarakatan yang telah kembali ke masyarakat setelah menjalani masa pembinaan di LPKA dapat menjadi tunas bangsa yang membanggakan.

“Harapan kami mereka juga dapat memberikan hal terbaik untuk bangsa serta mempunyai cita-cita dan semangat bekerja keras untuk meraih masa depan yang lebih cerah,” pungkasnya. (agw)

BACA JUGA:  Satgas TMMD Buleleng Bantu Warga Desa Panji Anom Sembako, 1.000 Masker dan 450 Hand Sanitizer