PKB 2021 Ditutup, Gubernur Koster Minta Seniman Bali Siapkan Karya Berkualitas untuk PKB Tahun Depan

Gubernur Wayan Koster menutup secara resmi Pesta Kesenian Bali (PKB) 2021. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII yang digelar selama sebulan penuh sejak 12 Juni-10 Juli 2021, secara resmi ditutup Gubernur Bali Wayan Koster secara daring di Jayasabha, Kediaman Gubernur Bali, Denpasar, Sabtu (10/7/2021).

Dalam penutupan itu, Gubernur Koster juga meluncurkan Tema PKB ke-44 tahun 2022, yakni Danu Kerthi Huluning Amerta, Memuliakan Air sebagai Sumber Kehidupan.

Dengan tema tersebut, Gubernur Koster berharap para seniman yang ada di Bali dapat mempersiapkan karya-karya yang apik dan berkualiatas dan dapat memahami esensi dari tema tersebut.

“Sebagai pesta tahunan yang telah mendapat pengakuan dunia, PKB menjadi ajang pertemuan insan-insan kreatif untuk berkreasi, berkolaborasi, dan bersilaturahmi dalam rangka penguatan dan pemajuan Kebudayaan Bali,” kata Koster.

Dikatakan, aktualisasi PKB yang kini telah memasuki tahun ke-43 didukung penuh oleh seluruh lapisan dan elemen masyarakat Bali tanpa terkecuali.

“Karakteristik masyarakat Bali yang artistik, jujur, terbuka, pekerja keras, dan memiliki semangat gotong-royong merupakan modal utama dalam menyukseskan PKB,” ungkapnya.

Gubernur juga mengatakan, kendati penyelenggaraan PKB masih berada dalam suasana pandemi Covid-19, kreativitas seniman Bali tidak pernah pudar sehingga PKB dapat digelar dengan format baru, yaitu gabungan antara luring dan daring.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menjadikan kebudayaan sebagai hulu pembangunan Bali, sebab dengan membangun kebudayaan akan menimbulkan dampak sistemik terhadap pembangunan bidang lainnya,” katanya. (ist)

BACA JUGA:  Bupati Suwirta Launching Pasar Gotong Royong Krama Bali