Hari Ini, Vaksinasi Covid-19 Usia 12-17 Tahun di Denpasar Resmi Dimulai

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara bersama Ketua DPRD, I Gusti Ngurah Gede saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12-17 tahun di SMPN 8 Denpasar. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12-17 tahun di Kota Denpasar, hari ini (Senin, 5/7/2021) resmi dimulai. Pencanangan pelaksanaan vaksinasi tersebut dipimpin langsung Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede di SMPN 8 Denpasar.

Turut mendampingi wali kota, Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya, Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya, Kadiskes Kota Denpasar, Luh Putu Sri Armini, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai, Camat Denpasar Timur, I Wayan Herman dan Lurah Sumerta, I Wayan Eka Apriana serta Kepala Sekolah SMPN 8 Wayan Murah.

Dalam kesempatan tersebut, Jaya Negara menyatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak bertujuan untuk mencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19 berat, menghentikan penyebaran Covid-19, menghindari penyakit saat dewasa, membantu melindungi generasi selanjutnya serta melindungi orang lain.

Lebih lanjut dijelaskan, selain melihat pentingnya manfaat, vaksinasi pada anak usia 12-17 tahun ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti arahan Pemerintah Pusat terkait dengan tingginya penularan Covid-19 pada usia anak anak.

“Vaksinasi Covid-19 pada anak 12-17 tahun merupakan wujud nyata guna mencegah penularan Covid-19 pada anak, disamping sebagai upaya penanganan penularan Covid-19 secara berkelanjutan,” ujarnya

Jaya Negara mengatakan, sebanyak 67 ribu lebih anak di Denpasar menjadi target sasaran pelaksanaan vaksinasi ini. Pelaksanaanya pun akan digelar serentak dan terpusat dengan menyasar sekolah-sekolah.

“Karena ini sudah mejadi komitmen bersama astungkara akhir Juli ini sudah bisa kita penuhi target 67 ribu anak ini, untuk ketersediaan vaksin tentu Kota Denpasar siap, jadi akan kita kerjakan, apakah itu SMA atau SMP yang merupakan masyarakat Kota Denpasar,” imbuhnya.

BACA JUGA:  152 Ribu Warga Denpasar Telah Divaksin Covid-19 Tahap Pertama

Sementara pencanangan vaksinasi untuk anak anak tingkat SMA dilakukan di SMAN 4 Denpasar. Pencanangan ini dilakukan oleh Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa dan Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan.

Untuk diketahui, Vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12-17 tahun menggunakan jenis vaksin Sinovac sebanyak 0,5 ml dengan jarak atau interval minimal 28 hari.  (ist)