BMKG Peringatkan Masyarakat di Pesisir Waspadai Potensi Gelombang Tinggi

Perahu nelayan bersandar di perairan Bali. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini berupa potensi gelombang laut tinggi selama tiga hari kedepan, 30 Juni dan 2 Juli 2021.

“Gelombang tinggi yang mencapai 2 meter atau lebih berpotensi terjadi di Laut Bali, Laut Sumbawa, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok dan Samudera Hindia selatan Bali,” ucap Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Raharjo, Selasa (30/6/2021) di Denpasar.

BMKG mengimbau kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, pelaku usaha wisata bahari dan masyarakat di pesisir untuk tetap waspada terhadap gelombang tinggi.

“Para nelayan, pelaku wisata bahari dan masyarakat di pesisir agar selalu memperhatikan informasi terkait cuaca khususnya tinggi gelombang,” ucapnya.

Ditambahkan, secara umum cuaca di Bali berlangsung cerah namun sebagian wilayah berawan. Suhu muka air laut berkisar antara 28 hingga 30 derajat selsius.

Angin bertiup dari arah timur – tenggara dengan kecepatan antara 6 sampai dengan 36 kilometer per jam.

“Saat ini sebagian besar wilayah Bali telah memasuki musim kemarau. Kendati demikian, terdapat potensi hujan ringan hingga sedang di Bali bagian barat dan tengah,” kata Agus Wahyu. (agw)

BACA JUGA:  Tangkal Penyebaran Virus Corona, Sekolah di Bali Diliburkan Selama 2 Pekan