Buleleng Diguncang Gempa M 4,3

Gempa bumi melanda wilayah Buleleng. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Wilayah Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali, diguncang gempa bumi tektonik, Selasa (29/6/2021) pukul 10.12.48 WITA. BMKG menyebut gempa bumi yang terjadi berkekuatan Magnitudo (M) 3,4.

“Episenter terletak pada koordinat 8.19 LS dan 114.87 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 25 km Barat daya Buleleng pada kedalaman 10 km,” terang Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Rahardjo di Denpasar.

Getaran gempa bumi dirasakan masyarakat di wilayah Buleleng II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas back-arc thrust,” jelasnya.

BMKG menyatakan hasil monitoring selanjutnya belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Pihak BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” kata Agus. (agw)

BACA JUGA:  Kepada Jokowi, Megawati Minta PDIP Dapat Jatah Menteri Paling Banyak