Presiden Jokowi Minta 1 Juta Vaksinasi Per Hari Stabil hingga Akhir Juli 2021

Presiden Jokowi Tinjau langsung PPKM Mikro di jakarta. (FOTO : Istimewa)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi capaian vaksinasi yang melebihi 1,3 juta orang per hari. Menurut Jokowi, hal ini melebihi dari target awal yang hanya 1 juta dosis vaksin sehari.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi, menyampaikan penghargaan tinggi atas capaian 1,3 juta vaksinasi pada sabtu 26 Juni yang lalu, sehingga lebih cepat dari target 1 juta vaskinasi per hari yang ditetapkan mulai Juli 2021,” ujar kepala Neggara dalam keterangannya secara virtual, Senin (28/6/2021).

Menurutnya, capaian 1,3 juta vaksinasi itu karena kerja keras semua unsur negara. Termasuk, masyarakat yang bersedia di vaksin.

“Hal ini tercapai berkat kerja keras, berkat gotong royong semua pihak, Kementerian Kesehatan, TNI-Polri, pemerintah daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu serta masyarakat yang bersedia di vaksin,” ungkapnya.

Kepala Negara meminta target 1 juga vaksin per hari bisa stabil hingga akhir bulan Juli. Kemudian, di tingkatkan 2 juta dosis per hari pada Agustus.

“Saya mengingatkan seluruh pihak terus bekerja keras agar target 1 juta per hari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli dan dapat kita tingkatkan dua kali lipat pada Agustus 2021 yaitu mencapai 2 juta dosis per hari,” pungkasnya.

Anak 12-17 Tahun segera Vaksinasi Covid

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa vaksin Sinovac sudah boleh diberikan untuk anak usia 12 hingga 17 tahun. Dia menyebut pemberian vaksin Sinovac untuk anak usia 12 tahun telah direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Kita bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman untuk anak-anak usia 12-17 tahun,” kata Jokowi.

Jokowi menyatakan pelaksanaan vaksinasi untuk anak bisa segera dilaksanakan dalam waktu dekat. “Sehingga vaksinasi untuk anak usia tersebut bisa segera dimulai,” katanya.

BACA JUGA:  Ribuan Warga Kupang Tanda Tangani Petisi Minta Pembunuh Ibu dan Bayi Ditangkap dan Dihukum Mati

Selain itu, Jokowi mengingatkan untuk meredam laju penyebaran Corona, harus dilakukan semua pihak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi. (itn)