Meriahkan HUT Bhayangkara, PSHT Denpasar Gelar Tes Urine dan Donor Darah

Tes urine yang diikuti anggota PSHT. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Denpasar bersama Polda Bali menggelar acara bakti sosial donor darah dan tes urine. Tes urine dan donor darah diikuti kurang lebih 70 anggota PSHT.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka memperingati HUT ke 75 Bhayangkara,” terang Ketua panitia penyelenggara acara Adam Adamto, Minggu (27/6/2021) di Denpasar.

Adam Adamto mengatakan, tes urine dengan menggandeng Biddokkes Polda Bali ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini dan antisipasi anggota perguruan silat dari penyalahgunaan narkoba.

“Ini sekaligus mendorong generasi muda bebas narkoba demi mewujudkan Bali Bersinar (Bersih Narkoba),” ucapnya.

“Alasan kenapa tes urine ? karena ini sebagai wujud ajaran PSHT untuk mendidik manusia berbudi luhur yang salah satunya diwujudkan bahwa orang PSHT harus bebas dari narkoba,” ujarnya.

Sementara Ketua sekaligus pendiri PSHT Bali yang mewakili PSHT Pusat Madiun, Djuwaro menuturkan, PSHT pertama kali didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo sebagai organisasi olahraga pada tahun 1922.

Ia lantas mengisahkan berdirinya PSHT di Bali pertamakali pada tahun 1991 yang hanya beranggotakan 9 orang dan sekarang sudah berkembang menjadi ribuan anggota di seluruh wilayah Bali.

“Saya mau menangis terharu begitu antusias masyarakat Bali untuk ikut berlatih menjadi bagian PSHT, hingga Nusa Tenggara, di sini semua masyarakat dari kalangan apapun boleh bergabung asal tidak berafiliasi politik,” ucapnya.

Dirinya berharap anggota PSHT tidak berbuat ulah, turut menjaga keamanan dan kedamaian serta selalu mendukung pemerintah.

“Tidak boleh sombong dan takabur, jadilah manusia berbudi luhur, tidak ada kita mendidik anggota PSHT berbuat kejahatan, merampok apalagi terlibat narkoba,” ujarnya.

BACA JUGA:  Warga Klungkung Heboh Temukan Brankas saat Gali Kebun Pisang

Selain kegiatan donor darah dan tes urine, kegiatan bakti sosial juga dilakukan di PSHT cabang lain di Bali seperti Badung, Gianyar, Klungkung dan lainnya dengan kegiatan bersih-bersih pantai hingga berbagi sembako. (agw)