Juru Bicara Satgas, Prof Wiku Terpapar Covid-19 Akibat Kelelahan

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dinyatakan positif Covid-19. Wiku sendiri mengaku ia terpapar Covid menyusul aktifitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir.

“Saya ingin menginformasikan terkait dengan kondisi kesehatan saya,” ucapnya dalam siaran pers tertulis, Minggu (20/6/2021).

Wiku menerangkan, Jumat (18/6/2021) dirinya melakukan swab antigen dan hasilnya positif. Untuk mengkonfirmasi hasil swab antigen ini, ia kemudian melakukan swab PCR.

“Dan hasilnya saya terima kemarin, Sabtu (19/6/2021) yaitu saya dinyatakan positif Covid-19,” tuturnya.

Kendati demikian Wiku menegaskan bahwa saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik-baik saja dan hal yang terpenting optimistis dapat segera sembuh.

Dia memperkirakan tertular Covid-19 saat melakukan kunjungan ke sejumlah daerah termasuk daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 cukup tinggi seperti Kudus dan Bangkalan.

“Saya melakukan perjalanan dinas ke berbagai daerah dengan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan. Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan,” paparnya.

Wiku menyatakan bahwa siapapun dapat tertular Covid-19 dan hanya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, maka masyarakat dapat mencegah diri dari penularan Covid-19.

Sebagai bagian dari protokol kesehatan, Wiku telah meminta kepada mereka yang memiliki kontak erat dengan dirinya untuk melakukan test antigen sebagai upaya testing dan juga tracing.

“Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” pungkasnya. (agw)

BACA JUGA:  Kasus Konfirmasi Covid Jawa-Bali Turun Hingga 98%, Nasional 96,9%, Ini Penjelasan Menko Luhut