Kembangkan Pariwisata, Pemkab Jember Siap Bersinergi dengan Bali

Bupati Jember Hendy Siswanto usai mengikuti Rapat Kerja Nasional XIII APKASl di Nusa Dua, Badung. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para bupati untuk saling bersinergi dengan kabupaten lain agar potensi di wilayahnya terus berkembang.

“Jadi seluruh Bupati diharapkan saling bersinergi dan berkolaborasi supaya potensi di wilayahnya terus berkembang,” ucap Bupati Jember Hendy Siswanto usai mengikuti Rapat Kerja Nasional XIII Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASl) di Nusa Dua, Badung, Sabtu (18/6/2021).

Hendy mengatakan bahwa di Jember banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan seperti Pantai Watu Ulo, Kebun Teh Gunung Gambir dan tempat wisata lainnya.

Hanya saja selama 5 tahun terakhir, objek wisata yang berpotensi mendatangkan pundi-pundi rupiah tersebut tidak digarap secara maksimal.

Saat ini tutur Hendy, Pemerintah Kabupaten Jember tengah memperbaiki infrastruktur yang menuju ke lokasi-lokasi wisata tersebut termasuk memasang lampu penerangan jalan.

“Ini dilakukan agar para wisatawan dengan mudah menuju lokasi-lokasi wisata tersebut,” ujarnya.

Disinggung potensi kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten di Bali, Hendy Siswanto menyatakan bahwa kemungkinan kerjasama terbuka lebar.

Apalagi menurutnya, kerajinan tangan yang selama ini dijual di kawasan-kawasan pariwisata di Bali hampir seluruhnya diproduksi oleh masyarakat Jember.

“Handycraft Bali dari kami, pernik-pernik yang dijual itu dari masyarakat kami di daerah Balung. Oleh karena itu, kedepan kami upayakan menjalin kerjasama dengan teman-teman di Kabupaten Badung,” tegasnya. (agw)

BACA JUGA:  Bali Secara Nasional Duduki Peringkat 8 Jumlah Komulatif COVID-19