Bupati Dana Cek Langsung Jalan Hancur di Gegelang

Bupati Karangasem I Gede Dana saat terjun langsung untuk mengetahui kondisi terkini di lokasi bencana banjir bandang yang terjadi di Banjar Dinas Telengan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Karangasem I Gede Dana merespon dengan cepat terkait kondisi lingkungan usai bencana alam banjir bandang yang terjadi di Banjar Dinas Telengan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Bupati kelahiran Datah itu terjun langsung untuk mengetahui kondisi terkini di lokasi bencana yang berada di bagian kaki dan lereng sebuah bukit pada Sabtu (19/6/2021).

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, akibat banjir bandang telah membuat beberapa rumah dan sanggah milik warga hancur tertimbun longsoran. Selain itu, beberapa akses jalan juga hancur akibat digerus oleh air hujan yang mengalir cukup deras. Beberapa kendaraan dan hewan peliharaan warga juga ikut terbawa banjir.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi beban dari masyarakat yang tertimpa musibah, Bupati Dana terjun ke lokasi kejadian untuk melihat secara langsung keadaan dari masyarakat pascabencana, sekaligus menyerahkan bantuan sembako dan perlengkapan lainnya.

Bupati Dana mengatakan, di masa sulit akibat pandemi saat ini, pendapatan masyarakat jadi berkurang, sehingga tidak bisa mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Sekarang dengan kejadian bencana seperti ini, tentu bebannya jadi bertambah dua kali lipat.
“Bantuan yang kini kita serahkan hanya sekedar dari pemerintah, seperti sembako, selimut, alas tidur dan yang lainnya,” kata Bupati Dana.

Pada kesempatan itu, Bupati Dana juga mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah yang berkemiringan cukup tinggi agar lebih berhati-hati saat terjadi hujan dan cuaca ekstrem lainnya.

“Para korban yang tertimpa musibah hampir semuanya berada di lokasi yang memiliki kemiringan cukup tinggi. Tapi, kita juga memaklumi karena hanya itu yang mereka punya sebagai tempat untuk berteduh,” ucap Bupati Dana, menyampaikan.

BACA JUGA:  Aliansi Bali Lawan Covid-19 Produksi 1.000 Masker untuk Dibagikan Gratis ke Masyarakat

Perlu diketahui, Bupati Dana siang itu menyerahkan 8 paket bantuan untuk masyarakat Telengan yang tertimpa musibah bencana alam tanah longsor akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut pada Kamis (17/6) dini hari lalu.

Sementara itu, I Wayan Suwitra, salah seorang warga yang rumahnya jebol tertimbun longsor mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, terutama Bupati Gede Dana yang sudah berkenan datang langsung untuk menyerahkan bantuan.

“Saya sekeluarga mengucapkan terima kasih karena Bapak Bupati sudah jauh-jauh datang ke rumah saya ini untuk mengecek kerusakan sekaligus memberikan bantuan yang sangat bermanfaat bagi keluarga kami saat ini,” kata Suwitra, penuh haru.
Selain menyerahkan bantuan, Bupati Dana juga berkesempatan mengecek beberapa akses jalan yang hancur diterjang banjir, sekaligus memerintahkan dinas terkait untuk segera memperbaikinya.

“Kami dari pemerintah sudah memerintahkan dinas terkait untuk secepatnya melakukan perbaikan terhadap seluruh ruas jalan yang putus. Paling tidak untuk jangka pendeknya bisa diurug dulu dengan material pasir batu agar bisa dilalui oleh kendaraan,” ujar Bupati Dana, menandaskan.(lte)