Putri Koster Gemakan Etika dan Estetika Bali

 

Ny Putri Koster ajak ajegkan Bali melalui etika dan estetika berbusana adat Bali. (foto: ist)

Beritabalionline.com – Dengan memberdayakan Paiketan Krama Istri (PAKIS) yang ada di masing-masing Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten/Kota se-Bali, PAKIS Provinsi Bali berupaya mengajegkan Adat,Seni dan Budaya Bali. Salah satunya, melalui kegiatan pelatihan Etika Busana Adat Bali, Pusung Tagel, Tengkuluk Lelunakan dan Tata Rias Krama Istri Bali.

“Kami berupaya melestarikan adat budaya dan karakter Bali melalui berbusana adat dengan etika dan estetikanya. Etika dan Estetika tampil jadi satu, kita bisa tampil beda, kita bisa tampil seksi tapi kan tidak mesti terbuka, kita bisa tampil beda tanpa harus berlebihan. Itu yang diwariskan penglingsir kita, busana dengan pakem yang telah ditentukan, baik adat madya maupun utama,” tandas Ny Putri Suastini Koster, Kamis, (17/6/2021) usai kegiatan di Puri Seni Sasana Budaya Singaraja.

 

Selaku Manggala Utama PAKIS Bali, Putri Koster berharap kepada PAKIS MDA Kabupaten/Kota se-Bali bersama-sama melestarikan Adat, Seni dan Budaya Bali dari hal terkecil yakni Tata Cara Berbusana Adat Bali sesuai dengan pakem.

 

“Melalui kegiatan ini, kita ingin menjadi Bali yang tradisi dan modernnya imbang. Seperti halnya coba kita lihat Jepang, China dan Korea, mereka tradisinya sangat kuat, tetapi modernnya juga tetap diikuti, kemajuan yang pesat mereka ikuti, tanpa meninggalkan karakter tradisional mereka,” ungkapnya.
“Kita tetap tampil dengan gaya tradisional kita, tetapi dilain waktu kita mengikuti perkembangan mode terutama. Jangan sampai kita ketinggalan mode, dan jangan kita meninggalkan hal-hal yang harus kita lestarikan,” tandas Ny Putri Koster seraya berharap Generasi Muda Bali juga berperan aktif melestarikan warisan leluhur dan membangun daerahnya sebagai tugas estafet mengajegkan Bali. (tim)

BACA JUGA:  Sambangi Panti Asuhan, Alumni SIP Angkatan 45 Beri Bantuan Sembako