Ganja Senilai Ratusan Juta Dipasok Pasutri Asal Banyuwangi ke Bali

BNN Provinsi Bali mengungkap kasus penyelundupan ganja seberat 44 kilogram. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Ganja seberat 44 kilogram diamankan petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali. Ganja senilai ratusan juta rupiah ini diangkut dengan menggunakan truk ekpedisi ini

“Bisa dikatakan barang bukti yang kita amankan merupakan tangkapan terbesar untuk saat ini,” ucap Kepala BNNP Bali Brigjen Pol. Gede Sugianyar Dwi Putra, Senin (14/6/2021) di Denpasar.

Sugianyar menerangkan, pengungkapan kasus merupakan hasil kerja sama BNN Provinsi Bali dengan Direktorat Penindakan dan Pengejaran (Dakjar) BNN RI.

Dalam penyelidikan oleh petugas gabungan, diperoleh informasi ada pengiriman ganja dari Medan, Sumatera Utara menuju Bali dengan menggunakan truk ekspedisi.

“Sebelum ke Bali, sopir truk berinisial MH berusia 30 tahun sempat menurunkan sebagian muatan ke Jakarta,” kata Kepala BNN Bali.

Brigjen Pol. Sugianyar mengungkapkan, puluhan kilogram ganja yang diamankan merupakan milik pengedar narkoba berinisial WG.

WG sendiri sebelumnya ditangkap petugas BNN Bali saat sedang bersama istrinya di daerah Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (12/6/2021).

“Ada indikasi WG dan istrinya merupakan pemasok ganja ke Bali. Jadi ini merupakan pengembangan dari penangkapan tersebut,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, BNN Provinsi Bali mengamankan ganja seberat 44 kilogram gram.

Pengungkapan bermula ketika petugas BNN Provinsi Bali menerima informasi ada paket berisi ganja dari Jakarta dikirim ke Bali melalui jalur darat.

Petugas BNN Bali kemudian melakukan penyanggongan. Saat truk ekspedisi warna hijau keluar dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Denpasar, Minggu (13/6/2021) malam, petugas lalu bersiaga.

Truk yang disopiri oleh M (30) ini kemudian diarahkan masuk ke Terminal Tipe A Mengwi, Badung, Senin (14/6/2021) dini hari. Saat truk berhenti, puluhan petugas langsung menyergapnya.

BACA JUGA:  Gagal Bobol Mesin ATM, Pelaku Berpura-pura Gila

Petugas BNN kemudian memeriksa seluruh isi kendaraan. Lantaran banyak karung berisi paket, petugas kemudian mengerahkan anjing pelacak melakukan pemeriksaan.

Di sana akhirnya ditemukan 5 karung yang di dalamnya terdapat 22 paket ganja dengan berat masing-masing 2 kilogram. (agw)