Polresta Denpasar Bersiap Terapkan Tilang Elektronik ETLE, Ini Penjelasan Kasatlantas

CCTV pemantau aktivitas kendaraan. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Satuan Lalulintas Polresta Denpasar akan segera merealisasikan penerapan program tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah Polresta Denpasar.

“Dengan perangkat ETLE yang berupa CCTV, bisa diambil bukti pelanggaran yang valid dan akurat, dan hasil tangkapan kamera (capture) tersebut sebagai bukti tilang bagi yang melakukan pelanggaran,” kata Kasatlantas Polresta Denpasar Kompol Taufan Rizaldi, Sabtu (5/6/2021) di Denpasar.

Dalam sistem ETLE jelasnya, jenis pelanggaran lalulintas yang diidentifikasi melalui Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Kemudian surat penilangan dikirim melalui pos ke alamat pemilik kendaraan yang tertera dan wajib dilakukan konfirmasi untuk verifikasi oleh petugas.

“Nantinya dalam nomor daftar konfirmasi bakal tertera identitas kendaraan bermotor, nomor polisi, jenis kendaraan, merek/tipe, STNK atas nama, Samsat penerbit, masa berlaku STNK, dan nomor rangka mesin,” terangnya.

Kasatlantas mengatakan, saat ini baru di Traffic Lights (TL) Simpang Buagan, Denpasar yang terpasang perangkat tersebut. Nantinya pemasangan akan berlanjut ke TL lain.

“Seperti Polda-polda lain yang telah menerapkan, nanti kita juga kesana arahnya,” ucap Kompol Taufan Rizaldi. (agw)

BACA JUGA:  Dewan Bali Tengahi Perselisihan Buruh Perusda di Jembrana