Curi Data Nasabah Bank, Dua WNA Asal Turki Dibekuk Polisi

Dua WNA asal Turki pelaku pencuri data nasabah bank saat diamankan polisi. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Tim Subdit V Siber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bali menangkap dua orang pria warga negara asing (WNA) asal Turki berinisial EK dan AEM.

“Kedua WNA ini terlibat dalam kasus kejahatan pencurian data nasabah bank atau skimming,” terang Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Bali AKBP AKBP I Gusti Ayu Putu Suinaci, Kamis (3/6/2021) di Mapolda Bali.

Sebelumnya polisi menerima laporan dari salah satu bank di Denpasar terkait adanya peralatan mencurigakan yang terpasang pada mesin ATM bank.

Peralatan tersebut berupa kamera tersembunyi yang berfungsi untuk merekam nomor PIN nasabah dan wifi router yang berfungsi yang menyalin data nasabah.

Subdit V dengan di backup Satgas Jagra Dewata kemudian melakukan pengawasan di sekitar ATM di seputaran Denpasar, Senin (31/5/2021) sekitar pukul 01.30 Wita.

Di sana petugas melihat dua WNA tersebut datang mengendarai sepeda motor. Salah satu pelaku yakni EK masuk ke dalam mesin ATM untuk mengambil kamera tersembunyi yang telah terpasang, sedangkan AEM berjaga di luar mesin ATM.

Saat pelaku hendak pergi usai menjalankan aksinya, petugas kemudian datang guna melakukan penangkapan. Melihat kedatangan petugas, keduanya melakukan perlawanan dan berupaya untuk kabur.

“Kedua pelaku sempat melakukan perlawanan dan mencoba kabur namun akhirnya berhasil diamankan,” tutur AKBP Suinaci.

Dari pelaku EK, petugas yang melakukan penggeledahan menemukan sebuah obeng dan tas hitam di dalamnya berisi kamera tersembunyi yang sebelumnya diambil dari mesin ATM.

Sedangkan pada pelaku AEM ditemukan sebuah tas gendong yang di dalamnya terdapat cover PIN. Keduanya lantas dibawa ke tempat tinggalnya di wilayah Canggu, Kuta Utara, Badung.

BACA JUGA:  Sebelum Motornya Terbakar, Wanita ini Mengaku Sempat Diancam akan Disantet Mantan Pacarnya

Dari lokasi tersebut, ditemukan barang bukti berupa beberapa kartu magnetic stripe yang memuat data perbankan milik orang lain, laptop, alat pembaca kartu magnetic stripe, wifi router dan kamera tersembunyi. (agw)