KPK Sebut Nama 75 Pegawai yang Tak Lulus TWK Tidak akan Dipublikasikan

Gedung KPK. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak akan mengungkap nama 75 pegawai yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Keputusan tak akan diungkapnya nama 75 pegawai berdasarkan rapat yang dihadiri seluruh pimpinan, dewan pengawas, dan seluruh pejabat struktural eselon I dan II di lingkungan komisi antikorupsi.

“Disepakati bahwa sebagai bentuk perlindungan pegawai, maka KPK secara tegas tidak akan pernah mempublikasikan kepada masyarakat nama-nama pegawai KPK baik yang MS (Memenuhi Syarat) maupun TMS (Tidak Memenuhi Syarat),” ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, Rabu (2/6/2021).

Ali mengatakan, pihaknya sudah memberitahukan hasil TWK terhadap 75 pegawai tersebut. Pemberitahuan dilakukan lewat surat yang ditujukan pada mereka.

“Pemberitahuan dilakukan dengan cara melalui surat yang diserahkan kepada atasan langsungnya dan kemudian diserahkan kepada masing-masing pegawai,” tambahnya.

Diberitakan, KPK menyelenggarakan tes wawasan kebangsaan (TWK) terhadap para pegawainya. KPK mengklaim TWK bagian dari proses alih status pegawai menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Dari 1.349 pegawai yang mengikuti TWK, 75 di antaranya dinyatakan tidak lulus. Melalui Surat Keputusan (SK) Pimpinan KPK Nomor 652 Tahun 2021 yang ditandatangani Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri, ke-75 pegawai tak lulus TWK dibebastugaskan. (itn)

BACA JUGA:  BIN Sebut Milenial Target Utama Perekrutan Terorisme, Orangtua Diminta Awasi Anak