UKW Angkatan VIII Kerja sama PWI Bali-Pegadaian Pecahkan Rekor Jumlah Lulusan

Peserta UKW VIII foto bersama dengan tim penguji dan panitia usai pengumuman kelulusan. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Sebanyak 19 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan VIII PWI Provinsi Bali dinyatakan lulus 100 persen. Dengan demikian seluruh peserta dinyatakan sebagai wartawan kompeten.

Direktur UKW PWI Prof. Dr. Rajab Ritonga ketika menutup pelaksanaan UKW tersebut di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Provinsi Bali, di Denpasar, Sabtu (29/5/20231) menyatakan bahwa terhitung sejak dinyatakan kompeten maka seluruh peserta akan memulai profesi mereka dari titik nol.

“Kalau sebelumnya seluruh peserta UKW bisa dikatakan masih ‘test drive’, namun sekarang sudah kompeten dan profesional,” ujar Prof. Rajab yang juga Guru Besar London School Public Relation (LSPR) Jakarta ini.

Namun yang membanggakan mantan Sekretaris Lembaga LKBN Antara ini adalah, seluruh peserta UKW dari jenjang muda, madia dan utama dinyatakan kompeten, tak ada satu pun yang tertinggal.

“Ini capaian yang luar biasa, seratus persen. Biasanya PWI itu tiap mengadakan uji kompetensi ada saja yang tidak lolos, tapi kali ini capaiannya luar biasa. Seluruh peserta UKW dinyatakan lulus,” tandasnya.

Diakui, sebagai salah satu lembaga penguji peserta UKW, PWI dikenal paling ketat dalam  memberikan penilaian, tapi bukan berarti “pelit”. Artinya, kalau kualifikasinya tidak tercapai, ya  tidak lulus.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya UKW Angkatan VIII 2021 yang menghasilkan 19 wartawan kompeten.

“Semua ini berkat kerja sama semua pihak yang memiliki kepedulian terhadap pentingnya kompetensi wartawan dalam menciptakan sumber daya unggul dan berdaya saing di bidang dunia jurnalistik,” ungkapnya.

Selanjutnya Dwikora yang juga Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali menyatakan bangga karena dalam sejarah UKW yang diselenggarakan PWI Bali baru kali ini pesertanya bisa lulus 100 persen. “Tingkat atau jumlah kelulusan peserta UKW yang diselenggarakan PWI Bali kali ini boleh dibilang memecahkan rekor,” ucapnya.

BACA JUGA:  Besok Jalan Raya Bedulu Ditutup Sehari

Selanjutnya ia berpesan, kepada seluruh peserta UKW yang sudah lulus dan dinyatakan sebagai wartawan kompeten agar mempertanggung jawabkan kompetensinya dalam menjalankan tupoksinya sebagai jurnalis yang profesional, berintegritas dan bermartabat sebagaimana yang diamanatkan oleh UU Pers No. 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik.

Untuk diketahui, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) VIII tahun 2021 terselenggara atas kerja sama PWI Bali dengan PT Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar. UKW berlangsung dua hari diikuti 19 peserta terdiri dari 12 peserta muda, 3 peserta madya dan 4 peserta utama. (sas)