Cegah Peretasan Akun Medsos, Polisi Sarankan Ini

AKBP I Gusti Ayu Putu Suinaci saat merilis kasus peretasan akun Facebook. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Peretasan akun media sosial (medsos) maupun akun email atau surat elektronik kerap terjadi. Hal ini terjadi akibat keteledoran dari pemilik akun itu sendiri.

“Untuk mengantisipasi Itu (diretas) masyarakat disarankan tidak membuat password akun media sosial berisi angka. Misalnya, menggunakan tanggal lahir diri sendiri,” ucap Kasubdit V Siber Crime Ditreskrimsus Polda Bali AKBP I Gusti Ayu Putu Suinaci menjawab beritabalionline.com, di Denpasar, Selasa (25/5/2021).

Menurutnya, dengan berisi angka tanggal lahir maka akun media sosial atau email seseorang akan mudah diretas oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Pihaknya menyarankan agar dalam membuat password, masyarakat menggunakan huruf dan angka secara acak namun mudah diingat oleh pemiliknya.

Terkait maraknya akun Facebook di-tag link video porno oleh oknum tidak dikenal, AKBP Suinaci menyatakan bahwa peristiwa tersebut bukan merupakan fenomena baru, tapi sudah terjadi cukup lama.

Dikatakan, akun Facebook rentan terkena phishing karena masyarakat tidak berhati-hati serta dengan sangat mudah mengklik ketika menerima kiriman link.

“Oleh karena itu, kepada pengguna media sosial agar berhati-hati ketika menerima kiriman link, jangan langsung klik agar akun media sosial kita tidak terkena phishing,” sarannya. (agw)

BACA JUGA:  Gelar Patroli Gabungan, Polresta Denpasar Amankan 13 ABG