Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Anggota TNI, Personel Kodim Gianyar Dites Urine

Personel Kodim Gianyar jalani tes urine. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Kodim 1616/Gianyar melakukan tes urine terhadap personel serta Pegawai Negeri Sipil dan anaggota TNI di lingkungan Kodim Gianyar. Tes urine dilakukan dengan menggandeng BNN Kabupaten Gianyar.

“Tujuan dalam rangka pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan Kodim 1616/Gianyar,” kata Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro, Senin (17/5/2021) di Gianyar.

“Serta untuk mengetahui kemungkinan apakah ada di antara personel Kodim 1616/Gianyar yang terlibat dalam penyalahgunaan atau sebagai pengedar narkoba,” sambung Dandim.

Letkol Inf Frandi Siboro menambahkan, tes urine yang digelar merupakan kegiatan Program Kerja Bidang Intelijen Semester I Tahun Anggaran 2021 Kodim Gianyar.

“Kondisi ini harus tetap dijaga di mana seluruh personel harus terbebas dari narkoba yang sangat sejalan dengan program pemerintah dan TNI untuk memerangi narkoba,” tegasnya.

Sementara Kasi P2M (Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat) BNN Kabupaten Gianyar I Gede Dirgantara mengatakan, tes urine dilakukan meliputi beberapa tes.

Seperti Amphetamine (AMP), tes Methampetamine (MET), THC Marijuanan (THC), Morphine (MOP), Benzodiazepines (BZO) dan Cocain (COC).

“Dari hasil tes urine yang dilakukan terhadap 38 orang anggota, semuanya dinyatakan negatif,” tuturnya. (agw)

BACA JUGA:  Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Mahasiswa Cukup Tinggi, Ini Penyebabnya