Masuk Zona Hijau, Ini Upaya Perangkat Dusun Batukandik Cegah Penyebaran Covid

Kepala Dusun Batukandik, I Made Kadek Arta. (FOTO : Agung Widodo/Beritabalionline.com)

Beritabalionline.com – Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik lebaran untuk mencegah penyebaran Covid-19, namun demikian masih banyak masyarakat yang melanggar larangan tersebut.

“Sepengetahuan kami, tidak ada warga yang tinggal di wilayah kami melakukan mudik saat lebaran,” ucap Kepala Dusun Batukandik, Desa Padangsambian Kaja, Denpasar Barat, I Made Kadek Arta, Minggu (16/5/2021) di Denpasar.

Pihaknya mengetahui hal itu dikarenakan setiap warga yang tinggal di wilayah Dusun Batukandik baik permanen atau bukan akan melapor dan meminta surat perjalanan jika berpergian.

Kendati demikian lanjutnya, dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri atau sebelum diberlakukan pembatasan mudik lebaran, ada beberapa warga melapor pergi keluar daerah.

“Mudik atau tidak kita tidak tahu karena itu dilakukan jauh-jauh hari sebelum lebaran, mereka hanya lapor melakukan perjalanan keluar Bali,” tuturnya.

Disinggung penanganan penyebaran Covid-19, pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini menyatakan bahwa berbagai upaya telah dilakukan sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Ia lantas mencotohkan, jika sebelum pandemi kegiatan adat atau upacara keagamaan boleh dihadiri banyak masyarakat, saat ini dibatasi.

“Sekarang dibagi-bagi dijadikan beberapa kelompok. Misal ada yang meninggal, kelompok ini khusus memandikan, kelompok ini membuat sesaji, ada juga kelompok yang mengiringi ke kuburan,” terangnya.

“Kalau dulu kan tidak, misal jumlah anggota banjar 100 orang keluar semua, sekarang dibagi-bagi. Sehingga apa yang menjadi imbauan pemerintah telah kami laksanakan,” tegasnya.

Kadek Arta juga menyatakan berkat kesadaran masyarakat serta gencarnya imbauan-imbauan yang dilakukan, wilayah Dusun Batukandik dinyatakan sebagai zona hijau kasus Covid-19.

“Dulu sempat kuning tapi sekarang sudah zona hijau untuk kasus Covid. Astungkara semua berkat kesadaran masyarakat yang taat dengan imbauan protokol kesehatan,” pungkasnya. (agw)

BACA JUGA:  Terjatuh di Aliran Sungai, Dani Ditemukan Meninggal Dunia