Lukis Wajah Menyerupai Masker, Bule Perempuan Asal Rusia Dideportasi

Bule perempuan asal Rusia yang melukis wajahnya mirip masker. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Perempuan asing warga negara Rusia bernama Leia Se (25) dideportasi karena tidak dianggap tunduk dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

“Tindakan tegas ini dilakukan untuk memberi pelajaran kepada setiap warga negara asing yang berkunjung atau berwisata ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Rabu (5/5/2021) di Denpasar.

Kasus ini bermula dari video dua orang asing dilarang masuk ke sebuah minimarket di kawasan Kuta, Badung oleh petugas keamanan setempat karena tidak memakai masker.

Salah satu warga asing ini lalu mengakali petugas tadi dengan melukis wajahnya hingga menyerupai masker agar bisa masuk ke toko.

Video bule melukis wajahnya hingga menyerupai masker ini kemudian viral di media sosial. Tak ayal perilaku warga asing tersebut membuat pejabat di Bali kebakaran jenggot.

“Pada tanggal 22 April 2021, keberadaan orang asing yang melukis wajah berhasil ditemukan,” terang Jamaruli.

Kepada petugas, Leia Se mengakui jika ia melukis wajahnya menyerupai masker dan disebarluaskan melalui akun media sosial miliknya.

Ia sengaja membuat konten “prank” face painting yang kemudian disebarluaskan ke media sosial. Konten tersebut dibuat tiga kali. Pertama bulan Januari 2021 di Supermarket Popular Deli yaitu dengan menggunakan bra.

Kedua dibuat pada bulan April 2021 di Supermarket Popular Deli yaitu dengan menggunakan kaus kaki. Ketiga dibuat pada minggu kedua bulan April 2021 di Supermarket Popular Deli dengan face painting menyerupai masker.

“Tujuannya untuk menarik viewer sehingga ia membuat konten prank sebanyak tigati kali,” ucap Jamaruli.

Selain menimbulkan keresahan masyarakat terutama di Bali, ia juga terbukti melanggar Peraturan Gubernur No 10 Tahun 2021.

BACA JUGA:  BMKG Sebut Tiga Hari Kedepan Bali Timur Turun Hujan Ringan

Perempuan asing yang diketahui masuk ke Indonesia pada tanggal 1 Maret 2020 dengan menggunakan visa kunjungan dengan izin tinggal yang berlaku sampai 11 Mei 2021 ini akhirnya dipulangkan ke negaranya melalui Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Rabu (5/5/2021). (agw)