Gubernur Koster Ingin Digitalisasi Seluruh Sektor Ekonomi dan Keuangan

Gubernur Wayan Koster saat jadi pembicara di FEKDI 2021 wilayah Bali. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan keinginannya agar digitalisasi dapat dilakukan di seluruh sektor ekonomi dan keuangan di Bali.

“Saya ingin digitalisasi dapat dilakukan di seluruh sektor ekonomi dan keuangan di Bali. Salah satunya melalui transaksi digital berbasis QRIS yang dikembangkan oleh Bank Indonesia,” ungkap Gubernur Koster saat menjadi pembicara pada Festival Ekonomi Keuangan Daerah (FEKDI) 2021 wilayah Bali secara virtual, Selasa (27/4/2021).

Menurut Gubernur Koster, pergeseran interaksi manusia a.l. mengurangi intensitas pertemuan fisik, tatap muka, termasuk juga meminimalkan kontak fisik dalam bertransaksi, menjadikan adaptasi dari offline ke online menjadi suatu keharusan.

“Saya berharap kaum milenial Bali dapat menjadi pendorong proses transformasi digital. Saya yakin bahwa transformasi digital akan menciptakan tatanan kehidupan Bali era baru menuju pemulihan ekonomi Bali,” terang Gubernur Koster.

Selain itu, lanjut orang nomor satu di Bali ini, pihaknya juga ingin mengingatkan bahwa selain memberikan ruang untuk inovasi, digitalisasi juga memiliki risiko. “Untuk itu, kita perlu memahami dengan baik pemanfaatan digital untuk hal-hal yang positif bagi pengembangan ekonomi Bali,” jelasnya.

Secara rinci Gubernur Koster menyampaikan bahwa Bali dikenal sebagai tujuan wisata internasional yang mengundang minat wisatawan asing sehingga berpotensi pemanfaatan mata uang asing untuk kegiatan ekonomi di Bali.

Untuk itu, lanjut dia, agar sumber daya Bali benar-benar dapat dinikmati oleh masyarakat maka seluruh kegiatan ekonomi di Bali harus menggunakan mata uang Rupiah sebagai simbol kedaulatan Indonesia. Oleh karena itu, saya sangat mendukung gerakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di setiap aktivitas sosial ekonomi Bali.

BACA JUGA:  Gubernur Koster Harapkan Kebiasaan Belanja di PGR Jadi 'Life Style' Masyarakat Bali

“Pemprovi Bali sangat mendukung pelaksanaan FEKDI 2021 di Bali karena ini sangat sejalan dengan visi Pemerintah Bali yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru,” demikian Gubernur Koster.  (*/ist)