Presiden Jokowi Belum Umumkan Reshuffle Kabinet, Ini Penjelasan Ngabalin

Ali Mochtar Ngabalin. (FOTO : Istimewa)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai saat ini belum mengumumkan perombakan kabinet atau reshuffle. Terkait hal ini, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, butuh waktu dalam menyiapkan pos kementerian baru.

“Pertama adalah perubahan nomenklatur, kedua adalah pembentukan Kementerian Baru. Maka otomatis penataan kelembagaan itu menjadi sesuatu keniscayaan. Memang butuh waktu,” ucap  Ngabalin, di Jakarta,  Senin (19/4/2021).

Menurut dia, Kemendikbud dan Riset bukanlah kementerian baru di Indonesia. Berbeda dengan Kementerian Investasi yang baru akan dibentuk.

“Kalau kementerian baru, ada menteri investasi. Kalau kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan, riset dan teknologi bukan barang baru,” kata Ngabalin.

Ngabalin belum mengetahui pasti kapan Jokowi akan umumkan pergantian menteri. Namun dia memastikan Jokowi bakal secepatnya mengumumkan reshuffle.

“Surat dari DPR sudah disetujui apa yang disampaikan bapak Presiden. Presiden tidak lama yang begitu, cuma terkait penataan kelembagaan, Kalau ini (penataan kementerian baru) sudah selesai, tinggal waktu Presiden aja. Mudah-mudahan tidak dalam waktu lama,” tutupnya. (*/itn)

BACA JUGA:  Satgas Covid-19 Sebut Kasus Positif Menurun, Zona Merah Meningkat