DPR RI Minta Imigrasi Bali Tindak Tegas WNA Bermasalah

Anggota Komisi III DPR RI saat kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kemenkumham Bali. (FOTO : ist)

Beritabalionline.com – Keberadaan tenaga kerja asing ilegal di Indonesia khususnya di Bali menjadi sorotan. Hal itu terungkap saat kunjungan anggota Komisi III DPR RI ke Kantor Wilayah Kemenkumham Bali.

“Anggota Komisi III DPR RI memberi imbauan kepada Imigrasi terkait keberadaan tenaga kerja asing yang ilegal terutama yang bekerja di sektor pariwisata untuk dilakukan penertiban,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Minggu (11/4/2021) di Denpasar.

Terkait penanganan hukum kepada WNA bermasalah, dalam pertemuan dengan anggota Komisi III DPR RI, Jamaruli mengatakanbahwa pihaknya Kantor Imigrasi sudah banyak mendeportasi orang asing yang bermasalah.

“Kami juga sampaikan bahwa Kantor Imigrasi telah membentuk Tim Pengawasan Orang Asing serta melakukan operasi gabungan pengawasan orang asing bersama instansi terkait,” bebernya.

Selain itu lanjutnya, pihaknya juga mengungkapkan permasalahan over kapasitas di dalam lembaga pemasyarakatan (LP) Kerobokan serta peredaran narkotika di Lapas.

Dalam kunjungan tersebut, demikian Jamaruli, anggota Komisi III DPR RI mengimbau agar perlu merancang kebijakan yang efektif dan tegas untuk menunjang program seperti mengatasi masalah over kapasitas.

“Dan terkait dengan peredaran narkoba di Lapas/Rutan, kami disarankan agar bekerja sama dengan BNN dan kepolisian dengan melakukan sidak serta penggeledahan secara rutin ke Lapas maupun Rutan,” ucapnya. (agw)

BACA JUGA:  Ditabrak Truk Engkel, Pedagang Es Cendol Luka-luka