Terkait Larangan Mudik Lebaran, Ganjar Siapkan TNI Polri Jaga di Perbatasan Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (FOTO : Ist)

Beritabalionline.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan masyarakat Jawa Tengah yang ada di perantauan diminta sabar untuk tidak mudik pada lebaran tahun ini. Dia minta TNI Polri menyiapkan skenario-skenario berjaga di perbatasan untuk dilakukan random tes oleh Dinkes.

“Dinkes juga kita siap nanti akan dilakukan random rest. Vaksin sudah ada, alat tes sudah mulai banyak, mudah-mudahan dari tempat yang mulai dijaga itu bisa optimal,” kata Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa (30/3/2021).

Dia mengungkapkan saat ini masih menunggu aturan dari pemerintah pusat terkait larangan mudik. Terkait antisipasi warga Jawa Tengah di perantauan yang nekat untuk mudik juga telah disiapkan. Termasuk menyiapkan tempat-tempat isolasi mandiri dan isolasi di rumah sakit.

“Tempat isolasi sudah kami siapkan, baik isolasi mandiri terpusat maupun isolasi di rumah sakit. Bahkan tempat isolasi mandiri yang ada saat ini sudah saya minta untuk dipertahankan dulu,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menambahkan, terkait masa isolasi dan tempat isolasi bagi pemudik yang nekat tersebut nanti akan dibahas secara khusus dengan Bupati dan Wali Kota.

“Nanti akan ada rapat khusus dengan Bupati dan Wali Kota terkait itu. Sementara yang sudah kami siapkan adalah nanti yang kebutuhan untuk random test,” kata Yulianto Prabowo. (*itn)

BACA JUGA:  3.682 Rumah Rusak dan 3 Warga Meninggal Akibat Gempa di Malang