Pesawat Trigana Air Tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma

Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma. (FOTO : istimewa)

Beritabalionline.com – Sebuah pesawat kargo atau pengangkut barang milik maskapai Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (20/3/2021).

“Iya benar, hari ini Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 11.26 WIB terjadi insiden pendaratan keluar runway yang dialami oleh Pesawat cargo Trigana PSK YSF dengan rute Halim-Makassar,” kata Adita saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (20/3/2021).

Dikarenakan pesawat tidak mengangkut penumpang, Adita memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Pesawat ini mengangkut kargo dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini,” jelas dia.

Dari foto di lokasi kejadian, tampak pesawat berwarna putih dengan kombinasi biru itu berada di atas rumput di luar runway. Sayap bagian kanan mengalami kerusakan dan beberapa bagian mesin terlepas dari badan pesawat.

Akibat kejadian itu, runway bandara ditutup sementara waktu bagi penerbangan sipil.

Sementara Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan penutupan runaway sesuai dengan ketentuan berupa Notice to Airmen (Notam) nomor A0693/21.

“Pesawat kargo Trigana Air Boeing 737-500 nomor registrasi PK-YSF tergelincir di runway, sehingga badan pesawat menutupi sejumlah area runway (Blocked by Aircraft),” ujar Yado.

Dalam pesawat tersebut, turut serta 2 pilot, 1 teknisi dan 1 FOO, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Kami berkoordinasi dengan stakeholder dalam penanganan pesawat yang tergelincir ini, dan mulai pukul 12.30 WIB untuk sementara waktu jika ada penerbangan dari dan ke Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta,” demikian Yado. (itn)

BACA JUGA:  Mappilu-PWI Ingatkan Petahana Tidak Manfaatkan Kemudahan Regulasi Penanganan Covid-19 untuk Kepentingan Pilkada 2020